Koban Dihipnotis, Warga Pekanbaru Alami Kerugian Rp 30 Juta

Koban Dihipnotis, Warga Pekanbaru Alami Kerugian Rp 30 Juta

Metroterkini.com - Polisi menangkap seorang pria pelaku hipnotis, Syukri (53) usai beraksi menipu warga di Pekanbaru, Riau. Pria asal Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) itu ditangkap setelah menipu korbannya dengan cara hipnotis sehingga korban merugi Rp 30 juta.

Syukri menghipnotis salah satu korbannya, Lingga Makmur di Lantai II Mal Pekanbaru, Jumat (15/7) lalu. Saat itu dia bersama rekannya membawa dua butir telur ayam.

"Korban awalnya diberi dua butir telur. Tetapi itu rangkaian dalam kasus tersebut," ucap Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andri Setiawan, Senin (1/7/2022).

Setelah menerima telur, korban terpedaya hingga mengikuti petunjuk pelaku. Korban dibawa ke parkiran untuk masuk ke mobil.

"Pelaku memberikan 2 butir telur dengan syarat korban harus menyerahkan gelang, cincin, kalung dan uang tunai Rp 13,7 juta. Termasuk korban menyerahkan Iphone Promax," katanya.

Tanpa basa basi, korban mengikuti perintah kedua pelaku. Dia baru sadar dihipnotis setelah tiba di rumah. Dihitung-hitung, total kerugiannya waktu itu mencapai Rp 30 juta.

Korban pun langsung melapor ke Polresta Pekanbaru. Penyidik yang menerima laporan korban langsung memburu pelaku yang diduga kuat berada di Talang Kelapa, Banyuasin.

Selanjutnya tim berangkat menuju Talang Kelapa, Banyuasin untuk mengamankan Syukri. Syukri ditangkap pada 25 Juli pukul 00.30 WIB di rumahnya Kelurahan Sukajadi, Talang Kelapa.

Dari pelaku polisi menemukan sejumlah barang bukti. Salah satunya handphone dan pakaian yang digunakan untuk beraksi.

"Kami juga tengah memburu 3 pelaku lain di kasus tersebut. Di mana pelaku beraksi ada 4 orang," kata Andri. [**]
 

Berita Lainnya

Index