Bapenda Kepulauan Meranti Optimalkan PAD, Atan : Alat Tapping Box Membantu

Bapenda Kepulauan Meranti Optimalkan PAD, Atan : Alat Tapping Box Membantu
Kepala Badan Pendapatan Daerah Kepulauan Meranti Atan, M.Pd

Metroterkini.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Badan Pendapatan Daerah Kepulauan Meranti terus memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan memasang alat Tapping Box untuk Hotel dan restoran yang ada di Kepulauan Meranti.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kepulauan Meranti Atan, M.Pd melalui Kasinya Rio Ilham saat ditemui di ruang kerjanya, pada Kamis (28/07/2022) siang, mengatakan saat ini sudah ada 18 alat tapping box yang terpasang di Hotel Restoran dan satu tempat hiburan anak.

Dijelaskan pemasangan Tapping Box di Kepulauan Meranti pernah mengalami kendala, dimana dari 18 yang terpasang hanya 4 alat yang aktif. Kendala yang terjadi tersebut akibat tidak terkoneksinya WP pada alat itu.

"Sempat mengalami kendala, dimana WP pada alat di Tapping box itu tidak dapat digunakan dengan baik. Dan alhamdulillah sekarang sudah dapat beroperasi kembali untuk 18 itu," Jelasnya.

Memang dikatakan, dengan terpasangnya alat tapping box di hotel dan restoran dan tempat yang merupakan wajib pajak itu untuk merekam catatan transaksi. Fungsinya, sebagai perbanding antara total transaksi yang ada di restoran dengan jumlah pajak daerah yang dibayarkan.

"Memang dengan adanya alat itu agak terbantu kerja kita dalam menghitung wajib pajak yang harus dibayar untuk PAD Kepulauan Meranti," Ungkapnya.

Selain itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kepulauan Meranti Atan, M.Pd m mengatakan ini merupakan salah satu langkah untuk menggali dan mengoptimalkan PAD Kepulauan Meranti.

"Saya berharap yang dikenakan wajib pajak 10persen dengan adanya sistem ini nantinya dapat berjalan dengan baik bagi pelaku usaha. Karena yang bayar pajak itu pada dasarnya yang bayar konsumen," Harapnya.  [Wira]

Berita Lainnya

Index