Korea Selatan Akan Bangun Instalasi Pemurnian Air di IKN

Korea Selatan Akan Bangun Instalasi Pemurnian Air di IKN

Metroterkini.com - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) resmi menjalin kerja sama dengan Indonesia untuk membangun instalasi pemurnian air di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam rilisnya, Kamis (28/7/2022). 

Menurutnya, saat mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja, telah dibahas dan disepakati empat bentuk kerja sama konkrit khususnya terkait dukungan pengembangan IKN Nusantara.

“Ada beberapa kerja sama yang sudah kita sepakati. Pertama, Kementerian Lingkungan Hidup Korsel akan membantu melalui hibah pembangunan instalasi pemurnian air dengan kapasitas 300 liter/detik,” ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan dirinya sudah berkunjung langsung ke Hwaseong Water Purification Plant dan melihat proses di sana.

“Ini adalah the best available technology yang sudah diaplikasikan oleh Korea Selatan sehingga siap minum, sangat reliable karena proses pengolahan akhirnya dilakukan dengan metoda ozonisasi,” ungkap Menteri Basuki. 

Selain pembangunan instalasi pemurnian air, terdapat tiga infrastruktur lainnya yang akan dibangun di IKN Nusantara dengan bantuan pemerintah Korsel. Masing-masing adalah pembangunan instalasi pengolahan limbah cair, pembangunan smart village dan pembangunan terowongan di bawah air atau immerse tunnel antara IKN Nusantara dengan Kota Balikpapan. 

Menteri Basuki mengatakan sebelumnya Kementerian PUPR telah menjalin sejumlah kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan dan Kementerian Agraria, Infrastruktur dan Transportasi (MOLIT) sejak beberapa tahun lalu.

"Beberapa bentuk kerja samanya yakni pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian di Banten untuk penyediaan air baku di Jakarta bagian Barat, termasuk pembangunan water treatment plan dan jaringan distribusinya. Kemudian juga sedang dilakukan feasibility study untuk Semarang Smart Water System,” tandas Menteri Basuki. [**]
 

Berita Lainnya

Index