Jokowi Sumbang Sapi Kurban 1,15 Ton ke Masjid Istiqlal

Jokowi Sumbang Sapi Kurban 1,15 Ton ke Masjid Istiqlal
Foto: Sapi milik Presiden Jokowi (Kanan), dan sapi milik Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Kiri) di Masjid Istiqlal [detikcom]

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi kurban seberat 1,15 ton ke Masjid Istiqlal. Sapi tersebut sudah berada di area Masjid Istiqlal untuk besok dikurban.

Sabtu (9/7/2022), terlihat sapi tersebut berjenis simmental. Sapi milik Presiden Jokowi disandingkan dengan sapi milik Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sapi milik Jokowi dan Sapi milik Ma'ruf Amin sama-sama berwana coklat, dan kepala putih. Bedanya, Sapi milik Jokowi terdapat warna putih pada pundaknya. Secara ukuran, sapi milik Jokowi sedikit lebih besar dibanding punya Ma'ruf Amin.

Sapi tersebut diletakan di dekat pintu Al Ghaffar. Sapi diberi peneduh berupa tenda dengan bendera aksen bendera merah putih.

Beberapa warga penasaran terhadap sapi tersebut. Mereka melihat-lihat sapi super milik orang nomor 1 dan 2 di Republik Indonesia.

Wakil Ketua Penyelenggara Idul Adha Masjid Istiqlal 1443 H, Abu Hurairah mengatakan, bahwa sapi tersebut telah diserahterimakan dari pihak istana. Esok hari selesai salat Id, Jokowi akan melihat langsung sapi tersebut.

"Tadi penyerahan dari pihak Istana secara resmi sekitar pukul 10.00 WIB, kemudian besok itu ditawarkan juga Presiden untuk lihat hewan kurbannya, kita lagi usahakan dekat dari ruangan VIP agar bisa dilihat oleh Pak Jokowi. Sapi spesifikasi simmental dengan berat 1,15 ton," kata Abu kepada wartawan di Masjid Istiqlal, (9/7/2022).

Tak hanya Jokowi dan Ma'ruf, Abu mengatakan sejumlah pejabat, menteri pun menyumbangkan sapi kurban.

"Sapi juga ada dari Wapres Ma'ruf Amin dan beberapa menteri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, ada Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kemudian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan beberapa komunitas," katanya.

Abu mengatakan berat sapi tersebut rata-rata 1 ton. Dia menyebut saat ini ada sebanyak 21 ekor sapi, 12 ekor kambing dan akan bertambah hingga esok hari.

"Yang jelas biasanya besar biasanya hampir 1 ton lah, tidak jauh dari Presiden, tapi kadang besar hewannya berat tidak sesuai," kata Abu.

Lebih lanjut, Abu mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria belum mengkonfirmasi terkait sumbangan hewan kurban. Dia menyebut kemungkinan baru akan konfirmasi pada esok hari.

"Belum (Anies dan Riza sumbang sapi) tapi biasanya iya, sampai saat ini belum, mungkin nanti malam atau besok pagi," katanya.

Jokowi Salat Id di Istiqlal

Presiden Jokowi direncanakan melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah pada Minggu (10/7) di Masjid Istiqlal, Jakarta. Istri Jokowi, Iriana, juga akan ikut salat Id di Masjid Istiqlal.

"Besok Bapak Presiden dan Ibu Iriana insyaallah akan melaksanakan salat Iduladha bersama masyarakat di Masjid Istiqlal," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sabtu (9/7/2022).

Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal besok akan dipimpin oleh Salim Ghazali. Adapun khotbah akan disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, KH Mohammad Nuh, yang akan mengangkat tema 'Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan'.

Heru mengatakan pejabat negara, para menteri, dan pejabat pemerintah juga akan salat bersama masyarakat lain di masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

"Para dubes negara sahabat juga insyaallah hadir, termasuk perwakilan dari organisasi massa Islam," kata Heru. [**]

Berita Lainnya

Index