27 Kg Sabu Asal Malaysia Gagal Masuk ke Indonesia

27 Kg Sabu Asal Malaysia Gagal Masuk ke Indonesia

Metroterkini.com - Prajurit TNI gagalkan penyelundupan sabu seberat 27 kilogram via perbatasan Indonesia-Malaysia, di Desa Pala Pasang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). Namun, kurir pembawa sabu gagal ditangkap karena melarikan diri dan masuk wilayah Malaysia. 

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Letkol Inf Hudallah mengatakan, pengungkapan dilakukan Senin (20/6/2022).  Saat itu, aparat mendapat laporan ada seorang warga akan melintas perbatasan dengan membawa narkoba. 

"Seluruh anggota diperintahkan untuk melakukan patroli," kata Hudallah melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/6/2022). 

Kemudian, lanjut Hudallah, anggota melihat ada 1 orang warga yang melewati jalan tikus dari Malaysia masuk ke Indonesia. 

"Saat itu anggota memerintahkan orang tersebut agar berhenti, akan tetapi orang itu langsung membuang barang bawaannya berupa satu tas kotak- kotak dan karung," ujar Hudallah. 

Hudallah mengatakan, orang tersebut kemudian lari masuk ke dalam Malaysia. Dikarenakan orang tersebut masuk ke dalam Malaysia, Tim Ambush tidak dapat melaksanakan pengejaran mengingat bahwa wilayah tersebut sudah berada di titik netral. 

"Anggota mengecek barang yang dibuang dan didapati 27 bungkus yang diduga narkotika jenis sabu," ujar Hudallah.

Hudallah menerangkan, apa yang dilakukan jajarannya merupakan upaya melakukan pencegahan terhadap tindakan penyelundupan narkoba. 

"Kami dari awal konsisten memperketat pengamanan di wilayah perbatasan dengan selalu melakukan pemeriksaan untuk mencegah tindakan ilegal terutama narkotika yang sangat meresahkan,” tutup Hudallah. [**]

Berita Lainnya

Index