Ini Salah Satu Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Ini Salah Satu Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Metroterkini.com - Ketika kucing peliharaan tidak mau makan, ini bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi setiap pemiliknya. Namun, kucing tidak mau makan merupakan tingkah laku yang lazim terjadi, yang mana ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari sakit hingga tidak menyukai makanannya, ada beragam hal yang dapat menyebabkan kucing tidak mau makan. 

Dilansir beberapa sumber, Selasa (22/2/2022), berikut ini lima hal yang bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Lihat Foto Ilustrasi kucing sakit flu.
Sakit 
Penurunan nafsu makan dapat menjadi salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh kucing, seperti gangguan kesehatan atau memiliki penyakit. Tidak mau makan sering kali menjadi gejala pada kucing yang sedang mengalami infeksi, sakit gigi, masalah pencernaan, gagal ginjal, infeksi pankreas, hingga kanker. 

Baru divaksin 
Salah satu efek yang dapat dialami sebagian kucing dari vaksinasi adalah hilangnya nafsu makan. Meski begitu, kamu tidak usah khawatir karena biasanya hal ini hanya bersifat sementara dan ringan. 

 

 

Lingkungan baru 
Perubahan rutinitas, perpindahan ke tempat atau lingkungan baru hingga perjalanan jauh juga dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan bagi kucing.   Sebab, seekor kucing bisa membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan hal baru. 

 

Stres 
Tidak hanya manusia, kucing juga dapat mengalami stres. Kondisi kucing stres ini juga akan berdampak pada menurunnya nafsu makan mereka. Selain stres, masalah psikologis seperti kecemasan dan depresi juga bisa mendera kucing dan membuatnya tidak mau makan. 

 

Tidak menyukai makanannya 
Seekor kucing juga bisa sensitif terhadap bentuk dan tekstur tertentu dalam makanannya. Sebagian kucing biasanya akan mengonsumsi makanan kering dan renyah atau makanan basah kalengan. [**]

Berita Lainnya

Index