Tanaman Hias yang Dapat Menyejukkan Rumah

Tanaman Hias yang Dapat Menyejukkan Rumah

Metroterkini.com - Menyejukkan rumah atau ruangan tidak selalu mengandalkan AC atau kipas angin. Alih-alih menyalakan AC atau kipas angin, meletakan tanaman hias ke dalam ruangan dapat menyejukkan rumah.

Beberapa tanaman hias dalam ruangan atau indoor bertindak sebagai pendingin alami untuk menurunkan suhu di dalam rumah sekaligus mengurangi ketergantungan pada peralatan pendingin yang menyebabkan tagihan listrik melonjak.  

Menurut NASA, tanaman melepaskan kelembapan ekstra dari daunnya ke udara ketika lingkungan mereka berada menghangat. Proses yang dikenal sebagai transpirasi ini dapat membantu mengalirkan udara pengap dan menyejukkan ruangan. Cara satu ini tentu saja ramah lingkungan.  Melansir dari Bobvila, Rabu (29/9/2021), berikut ini tujuh tanaman hias yang dapat menyejukkan rumah.  

Ficus

Tanaman Ficus sangat baik menjaga kelembapan udara dalam ruangan berkat daunnya yang lebat dan mengkilap. Bahkan Anda dapat membuat pendingin mini dengan menempatkan beberapa tanaman hias  di sekitar ficus. Pastikan menjaga ficus tetap terhidrasi jika menempatkannya di bawah cahaya langsung.  

Pakis Boston

Tidak ada tanaman hias yang dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan seperti pakis Boston atau Boston fern. Faktanya, NASA Clean Air Study menemukan bahwa pembersih udara alami ini sangat baik menghilangkan polutan organik yang mudah menguap atau racun dalam ruangan seperti formaldehida.

Selain menyaring racun, pakis Boston juga merupakan pelembap yang bagus. Namun, bintik-bintik kering dan cerah adalah musuh terburuk pakis. Jadi, pastikan menempatkan tanaman super ini dalam cahaya yang disaring dan siram tanaman secara teratur. 

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya mengatasi luka bakar ringan dan sengatan matahari, tetapi juga menjadi tanaman hias yang dapat menyejukkan rumah.  Memiliki kandungan air yang tinggi membuat lidah buaya menjadi salah satu tanaman hias teratas untuk mendinginkan rumah. Perlu diingat bahwa tanaman lidah buaya menyukai sinar matahari dan perlu disiram secara teratur pada musim panas.

Lidah Mertua

Seperti lidah buaya, tanaman lidah mertua memiliki kandungan air yang tinggi yang membuatnya dapat mendinginkan rumah. Tanaman hias yang juga dikenal Sansevieria trifasciata ini tumbuh baik di tempat cerah sehingga Anda dapat memaksimalkan efek pendinginan dengan menempatkan beberapa dari mereka di jendela untuk membantu menghalangi sinar matahari.  

Palem Bambu

Pohon palem bambu atau Chamaedorea seifrizii adalah tanaman hias yang dapat menyejukkan rumah. Tanaman ini berfungsi sebagai pelembap udara yang kuat.

Berkat daunnya yang besar, pohon palem bambu dapat memberikan beberapa efek pendinginan yang serius sekaligus menyaring racun seperti benzena dan trikloretilen dari rumah. Namun, pohon palem bambu tidak menyukai cahaya tidak langsung dan perlu menyiramnya secara teratur sepanjang musim panas.  

Tanaman laba-laba atau Spider Plant

Tanaman laba-laba atau spider plant adalah tanaman hias yang sangat baik mendinginkan udara dalam ruangan serta menyerap racun seperti formaldehida dan xilena. Perlu diketahui, tanaman hias yang juga dikenal Chlorophytum comosum ini paling baik di area semi-teduh dan jangan lupa  menggunakan tanah yang telah dikeringkan dengan baik.

Pothos atau Sirih Gading  

Apabila mencari tanaman dengan perawatan rendah, pertimbangkan menambahkan tanaman pothos atau sirih gading ke dalam daftar tanaman hias yang dapat menyejukkan rumah.  Memiliki daun cukup besar berbentuk hati, tanaman sirih gading juga terbukti menghilangkan racun dalam ruangan seperti formaldehida, benzena, xilena, dan karbon monoksida.

Tanaman ini akan tumbuh dengan baik saat berada di bawah sinar matahari tidak langsung. [**]
 

Berita Lainnya

Index