Resep Bakpia Kumbu Hitam, Bisa Jadi Obat Kangen

Resep Bakpia Kumbu Hitam, Bisa Jadi Obat Kangen

Metroterkini.com - Selain bakpia kacang hijau, ada pula varian bakpia kumbu hitam yang rasanya tak kalah enak. Bakpia kumbu hitam adalah bakpia yang berisi kacang merah. Pada dasarnya, bakpia ini sama seperti bakpia kacang hijau, tetapi isinya berbeda.  

Buatmu yang sedang kangen berwisata ke Yogyakarta, coba buat bakpia kumbu hitam untuk camilan di rumah.  Resep bakpia kumbu hitam dari buku "Seri Popular Food - Aneka Kue Pia" oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini bisa menjadi inspirasi. 

Berikut resepnya.  

Bahan kulit A 
250 gram tepung terigu protein rendah  
50 gram tepung terigu protein sedang  
50 gram gula halus  100 ml margarin, cairkan  
100 ml air dingin  
Bahan kulit B 100 gram tepung terigu protein rendah  
75 gram mentega, cairkan  1/8 sdt garam  

Isi kacang merah  
250 gram kacang merah, rendam lalu kukus  
500 ml air  
1/2 sdt vanili  
1/4 sdt garam  
175 gram gula pasir  
1 lembar daun pandan  

Cara membuat bakpia kumbu hitam 

1. Isi kacang merah: Kukus kacang merah hingga matang, lalu haluskan. Masak semua bahan dengan api kecil hingga pulen. Dinginkan. 
2. Kulit bakpia: Campur semua bahan kulit A, aduk dan masak dengan api kecil hingga adonan kalis. Selanjutnya, campur semua bahan B, aduk rata.  Bagi dan timbang adonan A dan B, masing-masing dengan berat 20 gram.  
3. Bulatkan adonan kulit lalu kemudian isi dan diamkan selama 15 menit. Lapisi adonan bakpia yang sudah diisi dengan adonan lainnya. Kemudian, lipat sampai rapat.  
4. Panggang adonan selama 15 menit, kemudian angkat lalu oles dengan kuning telur. Panggang bakpia hingga matang. Angkat lalu sajikan. [**]
 

Berita Lainnya

Index