Pindad Resmi Kenalkan Taktis Tempur MV2 4x4

Pindad Resmi Kenalkan Taktis Tempur MV2 4x4

Metroterkini.com - PT Pindad (Persero) kembali memperkenalkan mobil tempur prototipe yang siap dikendarai di segala medan yang disapa MV2 4x4. Mobil berkelir biru ini pun siap menemani laju Maung yang sebelumnya telah diperkenalkan dan diklaim sudah dijual secara umum dengan banderol ratusan juta Rupiah.

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, PT Pindad (Persero) memperkenalkan inovasi kendaraan taktis (rantis) terbarunya yakni MV2 4x4 yang diresmikan oleh Direktur Utama Abraham Mose dan jajaran Direksi pada Senin 2 Agustus 2021 di lapangan Gd. 100 Divisi Kendaraan Khusus.Selain itu acara dihadiri secara terbatas oleh VP/GM dan menerapkan protokol kesehatan.

"Hari ini merupakan suatu momen yang patut kita banggakan karena di tengah pandemi PT Pindad (Persero) masih melakukan Inovasi yang merupakan ciri khas perusahaan, jiwa dan darah Pindad. Jangan tinggalkan inovasi, karena kita dapat menjadi besar, jaya dan hidup karena kita mampu menghasilkan produk kreatif dan inovatif," ujar Abraham.

MV2 merupakan kendaraan 4x4 pengembangan terbaru dengan prototipe awal berwarna biru muda. Tampilan desain dan interior lebih modern, baris belakang lebih lega, atap hardtop dengan kanopi belakang yang dapat di lepas pasang menjadi kendaraan double cabin serta dilengkapi dengan foot step samping.

Kendaraan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasi modern dan juga dimungkinkan untuk memenuhi pasar lain selain pasar militer. Kemampuan manuver yang dimiliki gesit dan handal, dilengkapi suspensi yang nyaman digunakan baik di medan on road maupun off road.

VP Inovasi PT Pindad (Persero), Windu Paramartha menyampaikan, kendaraan MV2 4x4 ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan serta menjadi bukti bahwa putra-putri bangsa Indonesia mampu bersaing dengan menghasilkan inovasi produk yang berkualitas.

"Hari ini dilaksanakan launching produk baru yakni kendaraan MV2 4x4 yang akan diresmikan oleh Direktur Utama, Abraham Mose yang harapannya bisa menjadi sebuah kebanggaan bagi Pindad dan Indonesia dimana kita bisa menunjukkan bahwa kita semua putra putri Indonesia bisa menghasilkan produk yang membanggakan dan bisa menjadi solusi," ujar Windu.

MV2 dibekali dengan mesin diesel dengan daya ≥ 136 HP @3.200 RPM dan torsi maksimum 385 Nm @1.600 - 2.600 RPM. MV2 merupakan mobil berpenggerak empat roda (4WD) atau 4x4 dengan ban 35 x 12.50 R17.

Transmisi yang digunakan model manual dengan jumlah percepatan 6 maju dan 1 mundur. Suspensi depan independent, double wishbone sedangkan bagian belakang four link with coilover shock.

MV2 memiliki panjang 5.220 mm, lebar 2.010 mm, tinggi 1.860 mm, jarak sumbu roda 3.220 mm dan ground clearence 260 mm. Berat kosong kendaraan 2.630 Kg dan dapat menahan berat maksimal hingga 3.200 Kg.

MV2 memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam dan memiliki jarak tempuh 600 Km dalam kondisi full tank. Kemampuan daya tanjak 60%, kemiringan 30% dan mengarung (fording) 0,75 m. [**]

Berita Lainnya

Index