Pleno Tingkat Kecamatan Tuntas, Sukiman-Indra Unggul 

Jumat, 23 April 2021 - 00:03:27 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Rapat pleno rekapitulasi Suara Ulang Tingkat Kecamatan Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Pilkada Rohul hari ini tuntas dilakukan, Jumat (23/4/2021).

Pleno rekapitulasi tingkat kecamatan yang digelar di Kantor Camat Tambusai Utara tersebut berlangsung aman dan kondusif serta mendapat pengamanan dari ratusan personel TNI dan Polri.

Rapat pleno rekapitulasi suara PSU tingkat Kecamatan Tambusai Utara dihadiri Upika Kecamatan Tambusai Utara, saksi 3 pasangan calon serta dipantau langsung oleh Ketua KPU Rohul Elfendri beserta jajaran dan Bawaslu Rokan Hulu beserta jajaran.

Secara keseluruhan, dari 3.706 Pemilih yang terdata sebagai pemilih baik dalam DPT, DPTB ataupun DPPH Pilkada 9 Desember 2020, jumlah Pemilih yang menyalurkan hak pilihnya kembali pada PSU 21 April berjumlah 2.600 Pemilih atau 70,1 persen.

Sementara jumlah suara yang dinyatakan sah berjumlah 2.562 suara, sementara suara yang dinyatakan tidak sah berjumlah 38 suara.

Dari hasil rekapitulasi suara 25 TPS PSU Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi, pasangan calon nomor urut 2 Sukiman-Indra Gunawan berhasil unggul dari 2 pasangan calon lainnya. Pasangan yang diusung Gerindra, Demokrat, PKS, Nasdem, PDI-P dan Hanura ini mengumpulkan 2.070 Suara.

Sementara pasangan nomor urut 3 Hafith Syukri-Erizal yang menjadi rival kuat pasangan ini, hanya berhasil mendulang 476 suara pada PSU 21 April. Disusul pasangan nomor urut 1 Hamulian-Syahril Topan dengan perolehan 16 suara.

Hasil rekapitulasi PSU di 25 TPS ini kemudian dituangkan kembali dalam Berita Acara dan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dari Setiap Desa / Kelurahan Tingkat Kecamatan Tambusai Utara yang ditandatangani 3 saksi pasangan calon.

Untuk Kecamatan Tambusai Utara, Pasangan Sukiman Indra Gunawan mengumpulkan 16.995 Suara, disusul pasangan Hafith Syukri-Erizal dengan 7.636 suara dan Hamulian Topan dengan 5.349 Suara.

Ketua KPU Rohul Elfendri mengatakan, setelah Pleno Rekapitulasi Suara PSU Putusan Mahkamah Konstitusi dilaksanakan, pihaknya rencananya besok akan melaksanakan pleno Rekapitulasi tingkat Kabupaten di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center Rohul.

"Seluruh Logistik sudah dibawa kembali ke Pasir Pengaraian. Rencananya besok sekitar pukul 14.00 Wib kami akan gelar Pleno Rekapitulasi suara Tingkat Kabupaten, sekaligus Penetapan Perolehan Hasil Pemungutan Suara Pilkada Rohul," pungkas Elfendri.

Dengan hasil PSU 25 TPS kawasan PT. Torganda pasangan Sukiman Indra Gunawan sementara ini mengumpulkan suara terbanyak di Pilkada Rohul dengan 91.806 suara.

Sukiman Indra Gunawan unggul 1.236 suara dari pasangan Hafith Syukri-Erizal yang mengumpulkan 90.576 suara. Sementara pasangan nomor urut 1 Hamulian-Syahril Topan harus puas dengan perolehan 49.007 suara. [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT