Demokrat Kubu Moeldoko Resmi Daftar ke Kemenkumham

Selasa, 16 Maret 2021 - 14:01:09 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Cahyo Rahadian Muzhar mengonfirmasi pihaknya telah menerima pendaftaran hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Cahyo mengatakan surat permohonan tersebut berisi perubahan susunan kepengurusan dan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) Demokrat. Diketahui, hasil KLB Demokrat di Deli Serdang menunjuk Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebagai ketua umum.

"Iya mereka sudah datang kemarin menyerahkan (surat) permohonan perubahan kepengurusan dan AD/ART. Kemarin mereka serahkan. Itu ada beberapa tim Pak Jhoni Allen dan kawan-kawan," kata Cahyo kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Senin (16/3).

Cahyo tak tegas menjawab mengenai kelengkapan permohonan yang telah dilayangkan Demokrat kubu Moeldoko tersebut. Hanya saja, ia memastikan pihaknya saat ini tengah mempelajari permohonan tersebut.

"Kalau kami kan namanya siapa pun datang kepada kami, kami terima, dengarkan. Karena pihak KLB Deli Serdang ingin menyampaikan surat pada intinya mengajukan perubahan kepengurusan dan AD/ART, kami akan pelajari," ucap Cahyo.

Sementara, inisiator Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, Deli Serdang, Sumatera Utara, Darmizal menyatakan pihaknya sudah mendaftarkan hasil KLB Demokrat ke Kementerian Hukum dan HAM pada Senin (15/3) siang kemarin.

Ia mengatakan berkas-berkas tersebut diterima langsung oleh Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Cahyo R Muzhar.

"Sudah. Kemarin sudah diterima, sudah diserahkan. Dan disambut sangat baik dengan Pak Dirjen AHU pak Cahyo," kata Darmizal kepada CNNIndonesia.com, Selasa (15/3).

Darmizal mengatakan terdapat beberapa tokoh KLB Demokrat seperti Jhoni Allen dan Ahmad Yahya yang turut mengantarkan dokumen pendaftaran tersebut ke Kemenkumham.

Ia mengaku tak ingin membuka terlebih dulu struktur kepengurusan DPP Demokrat versi KLB Deli Serdang kepada publik. Nantinya, Ketua Umum Demokrat veris KLB, Moeldoko yang akan mengumumkan sendiri struktur kepengurusan tersebut.

"Mohon bersabar. Kita sabar menunggu, selesai dalam beberapa hari ini," ujarnya.

Di sisi lain, Darmizal mengklaim DPP Partai Demokrat versi KLB akan menjadi partai terbuka dan modern bagi semua pihak. Ia mengatakan siapapun anak bangsa boleh turut serta menjadi bagian dari pengurus Demokrat.

"Yang ga boleh bergabung kecuali 1, yang tak mengakui Pancasila," kata dia.

Diketahui, struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat kini mengalami dualisme kepemimpinan. Satu sisi, terdapat kubu Demokrat versi KLB yang diinisiasi sejumlah kader hingga mantan kader Demokrat itu kemudian memilih Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Di sisi lain, terdapat kepengurusan DPP Demokrat yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kedua sama-sama mengklaim sebagai kepengurusan Demokrat yang sah. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT