HUT Bhayangkara, Polres Bengkalis Musnahkan Ganja

HUT Bhayangkara, Polres Bengkalis Musnahkan Ganja

Metroterkini.com - Dalam kegiatan peringatan hari ulang tahun Bhayangkara ke-74, Polres Bengkalis memusnahkan barang bukti 13,588 dari 14 kilogram ganja kering. Sedang sisanya dipergunakan untuk uji labkrim dalam perkara para tersangka, yakni Ha (24), AA (23), SU (22) residivis, IE (23), dan MAJ (20). 

Pemusnahan 13,588 kg ganja tersebut dengan cara dibakar, dihalaman Mapolres, Jalan Pertanian, Bengkalis. Pemusnahan barang bukti itu dipimpin Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan.

Hadir dalam pemusnahan barang bukti berupa ganja tersebut, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H. Bustami HY, dan Ketua DPRD H. Khairul Umam, Kepala Kejari Bengkalis, Nanik Kushartanti, Dandim 0303/Bengkalis Letkol. Inf. Lizardo Gumay, serta sejumlah perwakilan Perangkat Daerah (PD), Bea dan Cukai, TNI AL.

Kapolres Bengkalis dalam sambutannya mengatakan, barang bukti tersebut merupakan hasil pengungkapan tim gabungan Satres Narkoba, Sat Pol Air Polres dan Bea Cukai Bengkalis, Sabtu (20/6/20) lalu.

Lima orang diduga pelaku berhasil diringkus setelah dilakukan upaya pengejaran, yakni Ha (24), AA (23), SU (22) residivis, IE (23), dan MAJ (20), semuanya warga Kota Pekanbaru. Mereka diringkus petugas di Pelabuhan Proyek Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukitbatu, Kabupaten Bengkalis, Riau. Dari tangan tersangka diamankan 14 bungkus besar ganja kering masing-masing dengan berat kotor 1 kilogram, dua 2 tas sandang, beberapa unit ponsel, 1 unit kendaraan roda empat warna merah.

"Dikondisi ini harus mengeluarkan kebijakan luar biasa atau extraordinary terhadap kasus penyalahgunaan narkotika ini. Sehingga kami Forkopimda akan merencanakan kegiatan-kegiatan yang extraordinary juga," ucap Kapolres.

Hendra menegaskan, pengungkapan narkoba merupakan komitmen Polres Bengkalis dalam memerangi peredaran Narkoba. Kapolres berharap bantuan semua pihak dalam memberantas peredaran narkotika di Kabupaten Bengkalis.

"Yang pertama saya baru menjabat sebagai Kapolres Bengkalis. Memang kesannya, masih banyak PR untuk yang di Bengkalis, dan Alhamdulillah kita masih bisa melaksanakan kegiatannya seperti PR narkoba ini," kata Hendra kepada awak media saat pres rilis usai pemusnahan.

Sementara, pelaksana harian Bupati Bengkalis H. Bustami HY, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya kepolisian mengungkap tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

"Kita sangat mengapresiasi upaya tim kepolisian dan aparat penegak hukum lainnya yang telah berupaya memberantas peredaran narkotika ini di daerah kita. Kami mengimbau agar anak-anak muda jangan mendekati narkoba apalagi menggunakannya," kata Bustami. [rudi]

Berita Lainnya

Index