10 Hektar Lahan di Sei Kepayang Asahan Ludes Terbakar

10 Hektar Lahan di Sei Kepayang Asahan Ludes Terbakar

Metroterkini.com - Sesuai info yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan pada tanggal 2 Maret 2020 kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Komimfo) Kabupaten Asahan, terkait terjadinya insiden kebakaran lahan milik Hj Lolom alias Hj Lamsari di blok 1 dan lahan milik PT. Inti Palm Sumatera (IPS) di blok 0 areal divisi 8 yang terletak di Dusun 13, Desa Perbangunan, Sei Kepayang, Asahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar mengatakan lahan yang terbakar tersebut diperkirakan berkisar 10 Ha, Senin (2/3/2020).

Menurut laporan BPBD Kabupaten Asahan, Rahmat menjelaskan kondisi lahan yang terbakar tersebut telah dapat dipadamkan oleh petugas gabungan.

Namun, petugas gabungan dan masyarakat sekitar masih tetap berjaga dan terus melakukan pemantauan.

"Saat ini, personil masih berjaga-jaga dilokasi titik api yang berlahan gambut. Apabila masih ada titik api, besok Forum PRB (Polres Asahan, Damkar Satpol PP Kabupaten Asahan, BPBD Kabupaten Asahan dan UPT Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara) akan melakukan penanganan gabungan", terangnya.

Pasca insiden tersebut, Rahmat menjelaskan Polsek dan Polres Asahan masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait terjadinya kebakaran lahan tersebut.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan agar tidak melakukan pembakaran lahan yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. [Tums]

Berita Lainnya

Index