Selama 2019, Kasus Curas dan Curanmor Tertinggi di Asahan

Selama 2019, Kasus Curas dan Curanmor Tertinggi di Asahan

Metroterkini.com - Mengakhiri tahun 2019, Polres Asahan menggelar konferensi pers di aula Wira Satya, Markas Polres (Mapolres) Asahan, Selasa (31/12/2019).

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu memaparkan tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Asahan sepanjang tahun 2019 dengan jumlah kasus sebanyak 1.713. Angka ini menurun bila dibandingkan dengan tahun 2018 yang jumlahnya sebanyak 1.849 kasus atau menurun sebanyak 56 kasus.

Dijelaskannya, dalam tahun 2019, kasus yang menonjol, diantaranya pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pemerkosaan, disamping kasus lainnya.

Untuk kasus-kasus kejahatan tersebut berjumlah 608 kasus, sedangkan narkoba sebanyak 314 kasus dan penganiayaan sebanyak 243 kasus.

"Ada 31 kasus menonjol yang berhasil kita ungkap dengan 25 tersangka, terpaksa diberi tindakan tegas dan terukur", terangnya.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran kepolisian Resort Asahan itu juga menghimbau kepada masyarakat Asahan agar bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab, bila salah dalam menggunakan media sosial, maka nantinya akan dapat terjerat Undang-Undang Informasi dan Teknologi (UU-ITE).

Kemudian, Faisal juga berharap agar masyarakat Asahan mengerti hukum dan taat hukum.

Dalam kesempatan itu, Faisal juga menegaskan bahwa Polres Asahan akan melakukan tindakan tegas dan terukur kepada para pelaku kejahatan di wilayah hukum Polres Asahan.

"Polres Asahan tidak akan segan-segan untuk melakukan tindakan tegas kepada para pelaku kejahatan di wilayah hukum Polres Asahan", tegasnya.

Disamping itu, Faisal juga menyampaikan terima kasih atas sinergitas Forkopimda Kabupaten Asahan dan insan pers selama kurun waktu satu tahun 2019.

"Kami berharap sinergitas terus terbina, agar di tahun 2020 ini, nantinya kita mampu membuat Kota Kisaran menjadi kota teraman se Indonesia", ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya mengapresiasi kinerja Polres Asahan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kabupaten Asahan.

"Sinergitas seluruh unsur Forkopimda Asahan berjalan harmonis. Hubungan ini kita harapkan bisa bertahan dan kalau bisa ditingkatkan, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik demi tercapainya Asahan yang lebih maju lagi", ungkapnya. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri Dandim 0208 Asahan, Kepala Kejaksaan Negeri Asahan, mewakili Danyon 126/KC Asahan, mewakili Danlanal Tanjung Balai-Asahan, para perwira Polres Asahan dan beberapa OPD Kabupaten Asahan. (Tums)

Berita Lainnya

Index