Resep Ayam Bakar Madu Sederhana dan Nikmat

Sabtu, 10 Desember 2016 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Mom, Menu ayam bakar memang sudah sangat melegenda dan menjamur dikalangan masyakarat luas. Sajian yang lezat ini nampaknya sangat pas di lidah orang Indonesia terlebih jika disajikan bersama nasi putih hangat dan dimakan pada malam hari pastinya akan menjadi sajian yang spesial. Jika biasanya kita menjumpai ayam bakar biasa, kali ini kami akan memberikan inovasi baru pada ayam bakar yaitu ayam bakar madu.

Pada dasarnya ayam bakar madu ini tidak jauh berbeda dengan ayam bakar pada umumnya hanya saja untuk pengolahannya kita memerlukan bahan tambahan baru yaitu madu. Lalu apa rasanya jika ayam bakar dipadukan dengan bumbu madu? Pastinya rasa yang dihasilkan akan sedikit manis, gurih dan sedap lho mom. 

Untuk bahan yang digunakannya pun tidak begitu sulit didapat. Sangat jarang restauran atau tempat makan dipinggir jalan yang menyediakan menu satu ini. Untuk itu, bagi yang suka silahkan Anda dapat membuatnya sendiri namun terlebih dahulu Anda cari bahan yang akan digunakan untuk membuat ayam bakar madu seperti yang ada dibawah ini.

Resep Ayam Bakar Madu 

Bahan yang digunakan
Ayam 1 ekor
Jahe 1 ruas
Air 1 liter
Air asam jawa 1 ½ sdt
Gula merah 1 ½ sdm
Madu 4 sdm
Lada bubuk ½ sdt
Ketumbar bubuk ½ sdt
Penyedap bubuk secukupnya
Garam 1 sdm

Bahan bumbu halus
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 6 siung
Bahan Saus Madu :
Kecap manis 1 sdm
Madu 2 sdm
Margarine 1 sdm
Air perasan jeruk manis 1 sdm

Cara membuat ayam bakar madu
Proses pembuatan ayam bakar madu yang pertama adalah Anda harus menumis bumbu halus terlebih dahulu hingga keluar aroma wangi.

Setelah itu tumisan bumbu Anda masukkan ke dalam panci bersama ayam dan bahan-bahan lainnya. Rebus hingga matang dan daging ayam menjadi lunak kemudian angkat dan tiriskan.

Lumuri semua bahan menggunakan saus madu sambil diaduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Olesi juga ayam menggunakan saus madu baru kemudian dibakar sambil dibolak balik seperti Anda membuat ayam bakar pada umumnya namun sambil terus diolesi dengan madu.

Jika sudah, angkat dan ayam bakar madu siap disajikan bersama nasi putih dan lalapan.

Menikmati ayam bakar madu memang sangat nikmat bersama nasi putih dan lalapan. Silahkan Anda coba resep kami yang satu ini semoga berhasil. Selamat berkreasi mom! [**na/rpt]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT