Resep Jengkol Balado dan Cara Hilangkan Bau Jengkol

Sabtu, 03 Desember 2016 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Jengkol punya rasa yang sangat lezat, Jengkol paling sering dimasak jadi jengkol balado, jengkol semur atau rendang. Sayangnya banyak orang yang menghindari jengkol karena baunya. Bau jengkol sangat susah dihilangkan. Jika salah diolah baunya juga akan bertahan cukup lama di mulut dan juga saat memasak.

Yuk intip cara praktisnya berikut ini hilangkan bau jengkol pakai air beras dan resep jengkol balado.

Yang perlu kamu siapkan adalah air bekas cucian beras. Pastikan kamu mencuci bersih jengkol dan belah tiap kepingnya jadi dua. Setelah itu rendam jengkol dalam air bekas cucian beras selama 24 jam. Keesokan harinya buang air rendaman dan ganti dengan air cucian beras yang baru. Rendam lagi seharian penuh. Intinya lakukan perendaman ini 2-3 x 24 jam. Setelah itu tiriskan jengkol dan rebus jengkol dengan air bersih sampai mendidih selama kurang lebih 10 menit. Lakukan perebusan ulang sebanyak 2-3 kali. Angkat dan tiriskan jengkol, setelah itu pipihkan dengan memukulnya dengan ulekan. Kukus jengkol dan sisihkan. Jengkol pun siap diolah jadi makanan kesukaan.

Memang membutuhkan waktu lama, tapi dengan cara olahan ini membuat rasa jengkol akan semakin enak berikut resep jengkol balado yang super yumi....

Bahan- bahan yang diperlukan :
• 350 gr jengkol, direndam dalam air semalam.
• Rebus hingga mendidih, untuk mengurangi bau.
 
Bumbu halus :
– Jahe 3cm
– Bawang putih 5 siung
– Bawang merah 8 butir
– Lengkuas 3cm
– Cabai merah keriting 10 buah

Bumbu lain :
– Air 300 ml
– Serai 1 batang, memarkan
– Daun jeruk 3 lembar
– Gula pasir ½ sdm
– Garam secukupnya
– Kecap manis 2 sdm

Cara pembuatan jengkol balado :
1. Langkah pertama adalah dengan cara merebus jengkol. Tunggu hingga jengkolnya empuk. Angkat. Tiriskan lalu kupas jengkol
2. Selanjutnya kepruk jengkol hingga agak tipis.
3. Panaskan minyak ke dalam wajan dengan api yang sedang lalu goreng jengkol hingga setangah matang. Supaya tidak keras saat di makan lalu sisihkan, setelah di goreng bisa juga direndam agar empuk.
4. Langkah berikutnya adalah dengan cara menumis bumbu halus serta bumbu yang lain. Tunggu hingga tercium bau yang harum dan bumbu matang. Masukkan jengkol. Aduk merata lalu tambahkan air serta kecilkan api. Jika mau memberikan tambahan bisa juga di tambah ikan teri.
5. Masak hingga airnya mengering atau habis. Angkat sambal jengkol rasa balado telah siap untuk disantap. [**na/vml]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT