Manfaat Bawang Dayak dan Cara Menanamnya

Rabu, 28 September 2016 - 00:00:20 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bawang dayak atau bawang tiwai (Eleutherina Americana) saat ini tengah diburu karena diyakini bisa mengobati penyakit tertentu. Sebab umbi bawang dayakterdapat senyawa - senyawa alkaloid, fenolik dan flavonoid, glikosida saponin, steroid, tanin, saponin triterfenoid dan senyawa naphtokuinones beserta turunannya seperti elecancini, eleutherine, eleutherol dan eleuthermone.

Naphtokuinones dikenal ampuh sebagai anti kanker, anti oksidan, anti-mikroba, anti-cendawan, anti-virus dan anti-parasitik. Kandungan lainnya adalah antosianin yaitu senyawa pewarna alamiah yang berperan memberikan warna merah pada umbi bawang dayak (eleutherina americana) yang berfungsi juga sebagai anti oksidan dan dapat menetralkan radikal bebas.

Selain itu, bawang dayak (eleutherina americana) juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan kanker, penderita diabetes mellitus alias kencing manis dan penderita hipertensi/tekanan darah tinggi, ashma serta jantung.

Bawang Dayak disebut juga bawang Tiwai (eleutherina americana) oleh orang dari suku Dayak di Pulau Kalimantan sebagai obat herbal yang cukup terkenal di daerah tersebut. Saat ini harga jual bawang Dayak masih bervariasi, untuk pasar di Balikpapan @ Rp. 100.000, Rp. 150.000 /kg  basah (tergantung musim dan panen). Untuk yang kering @ Rp. 125.000.

Sementara harga bibit bawang Dayak plant price berkisar @ Rp. 15.000/polybag , yang dapat ditanam dan dikembangkan sendiri sehingga kapanpun anda memerlukannya dapat mengambilnya dari halaman rumah sendiri. Mengingat semakin hari semakin banyak yang memerlukan bawang dayak ini dengan banyak manfaat, maka semakin lama juga bawang Dayak semakin sulit diperoleh .

Jadi tidak ada salah Anda mencoba membudidayakan di pekarangan rumah dari pada membiarkan lahan kosong dan menanam bunga yang tidak bermanfaat. Karena tanaman Bawang dayak sekilas seperti pohon hias yang bisa menghijaukan halaman rumah kita. Penasaran cara menanamnya, yuk ikuti caranya.

Bawang Dayak ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian : 1 – 2000 m dpl, dengan PH tanah berkisar dari 6-7.Dengan kondisi tanah yang tidak terlalu banyak berair, seperti  daerah rawa-rawa. 

Lebih baik pada daerah yang mengandung banyak kandungan Sulphur- nya, dan sedikit berpasir.Dengan kondisi tanah yang baik dan cocok untuk bawang dayak , Eleutherina Americana  ini maka tanaman akan bertumbuh dengan baik dan hasil panen yang memuaskan.

Cara Menanam Bawang Dayak:

Dapat ditanam dari umbi-umbinya seperti layaknya bawang merah biasa karena tanaman ini membiliki umbi. Umbi tersebut ditanam kedalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 3 cm dibawah permukaan tanah yang telah digemburkan dan diberi pupuk secukupnya dan bisa juga di tanam dalam polybag atau pot dengan jarak tanam antar pohon : 10- 20 cm.

Tanaman Bawang Dayak tidak memerlukan air yang banyak, dan jika ditanaman di tanah dibuatkan guludan supaya akar dan umbi bawang dayak tidak senantiasa tergenang air dan menjadi busuk. 

Dan untuk membuat tanaman Bawang Dayak tumbuh lebih subur dan cepat berkembang biak, maka ada baiknya diberi pupuk kandang secukupnya. Pemberian pupuk kandang mengakibatkan tanahnya menjadi gembur sehingga umbi lebih cepat besar dan lebih mudah saat panen. Jika menggunakan pupuk kimia, sebaiknya berselang waktu tertentu tanahnya disiramkan Effective Microorganisme (EM4), agar tanahnya tidak menjadi keras.

Bawang Dayak berumur 3-4 bulan setelah ditanam, sudah bisa dipanen secara optimal. Umbi yang sudah cukup besar dipisahkan dari yang masih kecil, dan dapat dibersihkan serta diolah lebih lanjut melalui pengeringan alami. Sedangkan kan tanaman dengan umbi yang masih kecil dipakai untuk bibit penanaman berikutnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT