Musang Lover, Ini Cara Jinakan Musang Pandan

Kamis, 22 September 2016 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Untuk menjinakan musang pandan perlu keberanian dari pemilik untuk menjinakkan musang, anda harus siap tangan kena gigit ataupun cakar oleh musang. Usahakan semua perlakuan dilakukan dengan tangan, agar dia terbiasa.

Taruh musang pandan liar di dalam kandang yang kuat. Anda dapat membelinya di pet shop ataupun pasar hewan.

Di minggu awal sering-sering mandikan si musang, hal ini dilakukan untuk mengurangi insting liarnya. Lakukan setidaknya sehari sekali dengan sikat panjang (bisa sikat WC), jangan pakai tangan jelas beresiko. Setelah mulai jinak, kurangi intensitas pemandian.

Beri makan 2-4x dalam sehari, makanan yang bisa diberikan adalah buah-buahan segar dan seminggu sekali beri daging, bisa daring ayam ataupun bekicot. Besar potongan buah, setidaknya bisa masuk mulut si musang. Saat memberi makan gunakan tangan secara langsung (handfeed).

Kalau bisa jangan gunakan sarung tangan, karena terkadang hal ini bisa menimbulkan ketakutan pada musang. Penggunaan tangan langsung juga dapat mempercepat kedekatan pemilik dan peliharaan.

Ajak ngomong selagi ngasih makan, agar musang tidak kagetan dan terbiasa dengan suara manusia. Saat ini adalah waktu yang tepat jika anda ingin memberi nama peliharaan ini.

Setelah self defence musang mulai menurun (intensitas gigitan berkurang) maka saat memberi makan cobalah elus elus belakang kepala musang anda. Jika musang akan menoleh, segera tarik tangan keluar kandang. Perlakukan dia dengan baik dan jangan melakukan gerakan yang mengagetkannya.

Langkah terakhir cara menjinakan musang pandan adalah dengan melingkarkan rantai hewan ke lehernya dan ajaklah keluar kandang bertemu dengan orang di sekitar anda. Tentunya sambil dikasih makan.

Jangan buru buru mengendongnya jika musang belum benar-benar jinak. Trik jika ingin mengendong adalah dengan mengangkat musang sebentar lalu turunkan lagi, angkat lalu turunkan. Sering sering lakukan hal ini berulang ulang agar musang tidak lagi kaget.

Seiring berjalannya waktu maka musang akan terbiasa hidup dengan manusia. Layaknya kucing, dia akan mengikuti anda untuk meminta makan. Tapi yang namanya hewan pemangsa, walaupun sudah jinak sesekali musang masih akan melakukan gigitan gigitan, sebagai tanda untuk minta makan ataupun ngajak bermain. [cabuas]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT