PT PLM Tersangka Korporasi Pembakar Lahan

PT PLM Tersangka Korporasi Pembakar Lahan

Metroterkini.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau menetapkan PT Palm Lestari Makmur (PLM) sebagai tersangka pembakar lahan dan hutan di Riau. Perusahaan bergerak di bidang sawit ini diduga menyebabkan bencana asap karena terjadi kebakaran di lahannya.

Penetapan tersangka korporasi ini diketahui setelah Polda Riau mengirimkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau.

Menurut Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau Mukhzan, tersangka korporasi ini berbeda dengan tersangka perorangan dari PT PLM yang ditetapkan beberapa waktu lalu.

"Jadi, PT PLM tersangkanya dari korporasi dan ada juga perorangan. Yang baru diterima ini SPDP perusahaan, sementara peroangan sudah menjalani sidang di Pengadilan Rengat," kata Mukhzan, Kamis (10/3/16).

Selain korporasi, Kejati Riau juga menerika 8 tersangka perorangan yang diduga membakar lahan dari Polda Riau. Perkara para tersangka itu diletakkan dalam 7 berkas. 

"Ada tujuh berkas perorangan, dimana dalam satu berkas ada yang 2 orang tersangkanya," kata Mukhzan.

Terhadap tersangka perorangan, sebut Mukhzan, seluruhnya dijerat dengan Undang-Undang (UU) Lingkungan Hidup Nomor, 32 Tahun 2009.

Sementara untuk perusahaan dijerat dengan UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan, dan Pemberantasan Perusakan Hutan, Juncto Pasal 109 UU Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan, Juncto Pasal 98 ayat (1), Juncto Pasal 116 ayat (1), Juncto pasal 118 UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. [**]

Berita Lainnya

Index