Adakah Efek Samping Setelah Perawatan Setrika Wajah?

Adakah Efek Samping Setelah Perawatan Setrika Wajah?

Metroterkini.com - Face lift atau prosedur operasi plastik penarikan kulit wajah banyak dipilih wanita untuk mengembalikan elastisas dan kekencangan kulit. Namun ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa harus melakukan operasi, yakni dengan menjalani prosedur setrika wajah.

Perawatan wajah yang disebut dengan radiofrequency (RF) itu bekerja dengan cara memanaskan bagian wajah hingga ke lapisan dalam untuk merangsang pertumbuhan kolagen sehingga kulit bisa menjadi lebih kencang. Lantas, adakah efek samping yang ditimbulkan dari perawatan tersebut?

Dituturkan oleh dr. Phery Cen, efek samping yang ditimbulkan akibat melakukan setrika wajah hampir tidak ada. Karena perawatan tersebut bersifat non invasif serta tidak mengonsumsi obat-obatan.

"Tidak ada obat dan bahan kimia yang diminum karena hanya mengandalkan radio frekuensi jadi sangat aman digunakan," tutur dokter 40 tahun itu saat dihubungi Wolipop, Kamis (3/3/2016).

Ia melanjutkan, meski demikian ada reaksi kulit kemerahan yang ditimbulkan saat menjalani prosedur setrika wajah. Akan tetapi hal itu akan berangsur-angsur menghilang dengan sendirinya.

Lantas bagaimana dengan kondisi wajah yang sensitif atau berjerawat? Dokter lulusan Universitas Atma Jaya Jakarta ini menerangkan, reaksi kulit kemerahan pada wajah akan berlangsung lebih lama, namun tidak ada efek samping yang berbahaya.

"Kalau untuk wajah berjerawat tidak terlalu disarankan, biasanya pasien akan fokus menghilangkan jerawat dulu. Kalau yang usianya 30 tahun atau 40 tahunan baru mereka fokus mengencangkan wajah," katanya lagi.

Sedangkan bagi mereka yang memiliki kulit sangat kendur, pengerjaan setrika wajah tidak bisa dilakukan hanya dalam satu atau dua kali perawatan. Idealnya, setrika wajah bisa bertahan hingga enam bulan sampai satu tahun setelah perawatan. [llp]

Berita Lainnya

Index