Ini Ciri Skincare Abal-Abal yang Membahayakan Kulit

Selasa, 14 Juni 2022 | 22:32:26 WIB

Metroterkini.com - Ingin memiliki kulit yang terlihat mulus dan glowing seperti para beauty influencer di media sosial, mungkin jadi salah satu hal yang didambakan sebagian perempuan. Nggak heran kalau berbagai cara dilakukan, salah satunya dengan menggunakan produk skincare. Namun, apakah skincare yang kamu gunakan sudah terjamin aman digunakan?

Harga murah hingga klaim yang bisa memberikan hasil instan sering menjadi hal yang menggiurkan perempuan untuk mencoba berbagai produk skincare. Namun, waspada dengan skincare abal-abal yang bisa membahayakan kulit. Kenali tandanya, yuk!

Hasil Instan Saat Digunakan

Kalau menggunakan krim pencerah yang memberikan hasil instan, yaitu wajah jadi terlihat lebih cerah hanya dalam beberapa kali penggunaan, bukan waktunya untuk merasa senang. Hal ini justru sebaiknya membuatmu makin waspada dengan kandungan yang ada di dalam produk tersebut.

Skincare wajah yang aman nggak bisa memberikan hasil yang instan. Butuh waktu hingga berbulan-bulan lamanya untuk menampilkan perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan. Jadi, saat menggunakan produk yang memberikan hasil instan, sebaiknya mulai waspada jika produk yang digunakan abal-abal.

Punya Warna Mencolok

Pada umumnya, krim wajah yang aman akan memiliki warna putih seperti susu, warna lain yang sifatnya pucat, atau bahkan tanpa warna. Saat membuka kemasan skincare yang memberikan warna mencolok seperti oranye cerah atau malah putih mengkilap, ada baiknya kamu waspada.

Hal ini bisa jadi indikasi kalau produk tersebut menggunakan bahan pewarna kimia yang berbahaya seperti pewarna tekstil. Selain itu, bisa juga jadi tanda skincare yang dipakai memiliki kandungan merkuri yang dikenal sebagai salah satu bahan berbahaya.

Wangi yang Terlalu Menyengat

Skincare yang sudah terjamin keamanannya biasanya memiliki aroma wangi lembut yang terkesan samar, atau malah sama sekali nggak berbau. Jadi, jangan senang dulu jika produk yang kamu beli mengeluarkan aroma wangi yang terlalu menyengat.

Meskipun terasa menyenangkan saat dihirup, tapi hal ini bisa jadi tanda kalau skincare tersebut mengandung pewangi dalam jumlah yang sangat tinggi. Lebih baik hindari skincare semacam ini daripada menimbulkan efek iritasi pada wajah, ya!

Teksturnya Lengket dan Menimbulkan Rasa Perih serta Panas

Ciri skincare abal-abal lainnya bisa kamu cek dari tekstur produk saat dipegang. Skincare abal-abal biasanya punya tekstur pekat dan lengket yang susah meresap ke dalam kulit. Berbeda dengan skincare aman yang cenderung ringan dan mudah meresap. Sekalipun teksturnya kental, tapi skincare aman tidak menimbulkan sensasi lengket yang mengganggu.

Selain itu, ketika menggunakan produk yang menimbulkan sensasi panas dan perih, sebaiknya segera hentikan. Hal ini bisa jadi tanda bahwa skincare yang kamu gunakan mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan kulit.

Menambah pengetahuan tentang skincare abal-abal sangat penting supaya kamu nggak terjebak zonk dengan produk yang nggak terjamin keamanannya dan malah bikin kulit jadi bermasalah. Pastikan untuk memperhatikan dengan cermat setiap produk yang digunakan ya! [mer]
 

Terkini