Tahan Emosi Berhadapan 6 Orang Ini Saat Puasa

Senin, 18 April 2022 | 19:08:51 WIB

Metroterkini.com - Puasa di bulan Ramadan bukan hanya soal menahan lapar dan haus semata. Nyatanya puasa adalah momen untuk memupuk dan mengumpulkan amal kebaikan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Tetapi ternyata puasa tak semudah yang dibayangkan. Ada saja hal yang membuat goyah iman saat menjalankannya.

Salah satu godaan puasa yang paling berat bukanlah makanan atau minuman. Melainkan kelakuan orang lain yang seringkali mengancam emosi kita. Memang emosi tidak akan membatalkan puasa, akan tetapi dapat mengurangi pahala puasa kita. 

Alih-alih puasa hanya mendapatkan rasa lapar dan haus tanpa mendapatkan keberkahan di dalamnya, sebaiknya kamu waspadai 6 orang berikut ini agar puasamu menjadi berkah dan bernilai ibadah.

1. Tukang perintah tanpa bilang "tolong"

Tak diherankan ya kalau orang yang cenderung suka nyuruh-nyuruh akan sangat menyebalkan dan dapat memancing emosi kita. Segera hindari orang ini dan cari tempat ternyaman agar kamu bisa beribadah dengan tenang.

2. Tukang ngeluh

Tukang ngeluh memang menjadi salah satu orang toxic yang menyebalkan. Bukan hanya membuat pusing, orang seperti ini juga tak jarang bisa memancing emosi kamu. Sebaiknya jika kamu tidak kuat mendengarkan keluhannya setiap waktu, kamu bisa mengatakan bahwa kamu sedang tidak bisa mendengarkannya karena suatu urusan.

3. Si mulut pedas

Si mulut pedas emang susah untuk dihindari. Mau menghindar kemana pun pasti ada aja tipe orang seperti ini. Selain mengganggu mood, si mulut pedas ini rentan memicu emosi kamu terlebih di bulan puasa yang panasnya hari sungguh tak terkira. Sebaiknya kurangi intensitas interaksi dengannya ya.

4. Si pengadu

Tukang ngadu ini biasanya akan semakin menguras emosi saat kamu sedang menahan lapar dan dahaga yang luar biasa.  Apalagi jika kamu menjadi terkena masalah karenanya.

5. Si usil

Si usil mungkin terdengar lucu ya, tapi terkadang mereka bercanda suka kebablasan akhirnya emosi pun jadi ingin  meledak. Sebaiknya beri pengertian kepadanya kalau kamu sedang puasa dan tahan dulu usilnya.

6. Si remainder buka puasa

Niatnya sih baik untuk mengingatkan waktu buka puasa, tapi kalau jamnya tidak sesuai alias salah ya siapa yang enggak penen emosi?

Itu dia enam godaan yang bisa menyulut emosimu di bulan Ramadan. Kuat-kuat menahan emosi ya! [**]

Terkini