3 Tips Biar Nggak Kalap Makan Saat Buka Puasa

Ahad, 03 April 2022 | 22:17:57 WIB

Metroterkini.com - Menjelang buka puasa, godaan berbagai jenis makanan dan minuman seperti sulit untuk ditolak. Meski tidak boleh lapar mata, nyatanya tidak mudah mengendalikan diri di depan beragam sajian buka puasa.

Namun, makan terlalu banyak bisa berdampak buruk bagi kesehatan orang yang sudah berpuasa selama 12 jam. Dikutip dari Healthline, makan terlalu banyak bisa menyebabkan perut kembung, mempengaruhi sistem pencernaan, dan meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Tak hanya itu, makan terlalu banyak setelah berpuasa dapat membuat seseorang merasa lapar lebih cepat.

1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Pertama, perhatikan makanan yang hendak dikonsumsi. Saat berbuka, sebaiknya langsung mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti, oatmeal, dan gandum.

Makanan jenis tersebut membantu kita lebih cepat kenyang, sehingga tidak makan berlebih. Selain itu konsumsi juga makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran yang bisa membuat kenyang lebih lama.

2. Makan dengan perlahan
Kedua, makan dengan perlahan menstimulasi tubuh agar lebih mudah kenyang. Dikutip dari WebMD, mengunyah makanan secara perlahan akan membuat tubuh sadar bahwa dirinya belum cukup makan.

Makan terlalu cepat hanya akan membuat kita mengkonsumsi makanan lebih banyak. Hal ini terjadi lantaran tubuh tidak sadar akan makanan yang sudah masuk ke dalam perut.

3. Hindari makanan pedas atau asin
Ketiga, hindari makanan asin atau pedas saat berbuka karena bisa membuat kita cepat merasa haus. Untuk itu, hindari kedua jenis makanan tersebut agar kita tidak terlalu banyak minum air.

Minum air telalu banyak hanya akan membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. Tak hanya itu, makanan pedas atau asin biasanya tinggi kadar garamnya, sehingga tidak baik bagi tubuh. [**]

Terkini