Cara Pilih Batik yang Cocok untuk Pakaian Tradisional Kekinian

Jumat, 01 April 2022 | 15:12:43 WIB

Metroterkini.com - Batik merupakan salah satu warisan budaya dari Indonesia yang dikenal sangat indah. Kerajinan tekstil ini memiliki ratusan variasi di Indonesia. Tidak mengherankan jika di setiap daerah memiliki kain batik dengan ciri khas tertentu dan menjadi bagian identitas.

Mengingat batik memiliki banyak variasi baik warna atau motif, pemilihannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Kain batik harus dipilih dengan tepat agar tidak salah penggunaan. Itulah kenapa pemilihan harus dilakukan dengan hati-hati.

Untuk menghindari kesalahan ketika akan memilih kain batik, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini.

  1. Tentukan Penggunaannya Dahulu

Sebelum membeli kain batik, tentukan terlebih dahulu kira-kira akan digunakan untuk apa. Karena ada banyak sekali kain batik dan fungsinya juga bervariasi. Beberapa kain batik hanya bisa digunakan untuk keperluan tradisional saja. Selain itu, ada juga kain batik yang hanya bisa digunakan untuk keperluan modern.

Intinya tentukan dahulu kira-kira kain batik yang akan dibeli mau dipakai untuk apa. Jika digunakan untuk pakain tradisional tentu harus dipilih yang motifnya sangat etnis. Namun, jika digunakan untuk pembuatan aksesoris seperti topi atau mungkin tas, bisa dipilih yang lebih modern.

Jangan asal memilih jenis kain batik untuk membuat sesuatu dengan sembarangan. Karena ada juga batik yang memiliki filosofi tertentu. Jika digunakan untuk pembuatan barang yang tidak sesuai, dikhawatirkan bisa mencederai nilai-nilai tradisional yang sudah ada.

  1. Pertimbangkan Motif

Secara umum ada dua jenis motif yang digunakan untuk membuat kain batik. Pertama adalah motif klasik yang umumnya berasal dari puluhan atau ratusan tahun yang lalu. Motif ini dikembangkan oleh kerajaan atau keraton setempat di masa lalu.

Motif ini bisanya sangat unik dan membutuhkan teknik khusus untuk membuatnya. Jadi, satu kain bisa membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Sementara itu, ada juga versi yang lebih modern atau casual.

Versi yang casual biasanya menggunakan desain modern atau sesuai dengan pop culture saat ini. Jadi, desain dari kain umumnya menggunakan motif yang sudah ada saat ini. Selain itu bisa juga menggabungkan motif tradisional dan modern menjadi satu.

  1. Pertimbangan Cara Pembuatan

Secara umum batik yang dijual di luar sana dibagi menjadi tiga. Pertama adalah batik tulis yang dikerjakan secara manual. Kedua adalah batik cap atau cetak yang proses pengerjaannya lebih cepat. Terakhir adalah batik yang dicetak dengan sistem DTG.

Spesifikasi yang dimiliki oleh kain batik ini tentu akan berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk jenis batik tulis biasanya kualitas yang ditawarkan sangat tinggi. Tidak mengherankan jika kain ini lebih banyak digunakan untuk keperluan acara besar.

Sementara itu untuk batik jenis cetak atau menggunakan mesin lebih mudah untuk dibuat. Jadi, penggunaanya lebih berfokus untuk sisi komersial saja. Itulah kenapa produk ini sering diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak.

  1. Cek Kesesuaian Harga

Selalu cek kesesuain harga dari produk kain batik yang ada di pasaran. Umumnya harga dari kain batik memang disesuaikan dengan kebutuhan. Jika menginginkan yang kualitasnya tinggi bisa memilih yang harganya bisa sampai jutaan.

Namun, jika butuh kain standar saja bisa memilih yang ratusan ribu rupiah saja. Intinya selalu tentukan bujet terlebih dahulu. Jika sudah selesai baru bisa dibeli.Jadi, setelah membeli kain batik Anda tidak akan merasa menyesal.

Selain itu jangan lupa untuk membandingkan harga kain batik. Pastikan untuk memilih yang paling terjangkau. Namun, tetap perhatikan atau pertimbangkan kualitasnya, ya!

  1. Mengetahui Garansi

Apabila ingin membeli kain batik khususnya yang berhubungan dengan batik tulis, sangat disarankan untuk mengetahui garansi. Apalagi batik tulis umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dan pengerjaannya juga lama.

Tanyakan garansi pada pembeli dahulu sebelum membelinya. Misal garansi kain tidak akan rusak saat dikirim atau pola dari kain jadi berantakan. Jadi, meski beli kain dengan harga jutaan rupiah pun tidak akan membuat Anda khawatir.

       6. Pertimbangan Keasliannya

Selalu pertimbangkan keaslian dari produk yang akan digunakan. Karena tidak semua orang tahu mana yang merupakan kain batik asli dan mana yang bukan. Meski demikian, produk batik biasanya memiliki spesifikasi tersendiri yang memudahkan calon pembeli untuk memilih.

Biasanya keaslian dari produk bisa dilihat dari motif, warna, hingga harganya. Selain itu, perhatikan juga merek atau brand yang digunakan. Karena masing-masing brand akan memiliki spesifikasi produknya tersendiri.

Batik cap juga merupakan salah satu produk batik asli meski secara kualitas memang berada di bawah. Itulah kenapa secara harga lebih rendah jika dibandingkan dengan produk batik tulis.

Pemilihan kain batik memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika dilakukan secara sembrono, bisa saja kain yang didapatkan tidak sesuai. Apalagi Anda ingin memilih batik tulis yang secara harga jauh lebih mahal dari batik jenis yang lain.

Disarankan untuk melakukan pemilihan dan seleksi secara langsung dengan menggunakan aplikasi Blibli. Di sana ada banyak sekali ragam kain batik mulai dari motif sampai harganya. Jadi, manfaatkan waktu untuk memilih sebelum memutuskan untuk membelinya. [**]

Terkini