Sayuran untuk Diet, Bantu Turun Berat Badan

Ahad, 06 Februari 2022 | 23:35:20 WIB

Metroterkini.com - Banyak ahli nutrisi yang menganjurkanmu makan banyak sayuran, terutama saat sedang diet. Apa saja sayuran yang bagus untuk diet sehat demi bisa menurunkan berat badan?

Sebagian besar sayuran rendah kalori karena menawarkan serat yang mengenyangkan dan membantu menenangkan perut dari keinginan untuk makan camilan. Makan banyak sayuran yang bagus untuk diet juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

"Kandungan air dari sayuran bisa meningkatkan volume makanan," ujar Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc, selaku certified diabetes educator di Toronto, seperti dikutip dari Food Network.

Ada beberapa sayuran yang bagus untuk diet. Berikut deretan sayuran yang bagus untuk diet agar memaksimalkan program penurunan berat badanmu:

1. Bayam
Bayam termasuk salah satu sayuran yang bagus untuk diet. Kandungan nutrisi di dalamnya bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, jantung, hingga kanker.

"Bayam lebih rendah kalori, banyak nutrisi, dan serbaguna untuk digunakan dalam semua jenis resep," kata Devje.

Menurut laporan dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention, bayam dianggap sebagai sayuran pembangkit tenaga listrik. Nikmati bayam yang dimasak sederhana atau dalam bentuk smoothies hijau yang sehat.

2. Brokoli
Moore, MBA, RDN, selaku pakar diet dari Atlanta mengatakan bahwa brokoli termasuk sayuran yang bagus untuk diet karena membantu menurunkan berat badan. Makan brokoli menjadi cara terbaik untuk mendapatkan serat ekstra.

3. Labu spaghetti
Sayuran yang bagus untuk diet selanjutnya adalah spaghetti squash atau labu spaghetti. Devje menyebut kalau labu tersebut memiliki rendah kalori.

Semangkok labu dimasak hanya mengandung 42 kalori. Ini juga rendah lemak dan menyediakan serat untuk membantumu kenyang lebih lama.

4. Kubis
Sayuran yang bagus untuk diet satu ini akan membantumu cepat kenyang. Kandungan seratnya membuatmu lebih kenyang dan tahan lama.

"Kubis sangat rendah kalori tapi memiliki kemampuan untuk membuatmu merasa tidak lapar lagi setelah mengonsumsinya," ujar Amy Goodson, MS, RD, CSSD, selaku ahli diet di Dallas.

5. Kacang hijau
Jika kamu suka mengonsumsi kacang hijau maka ini menjadi salah satu sayuran yang bagus untuk diet. Kamu bisa memasak kacang hijau dengan berbagai resep menarik dan lezat.

"Dengan hampir 9 gram serat per mangkok kacang hijau bisa membantumu memenuhi tujuan dan merasa kenyang dengan cepat," papar Moore.

6. Kol
Berdasarkan data USDA National Nutrient Database, kol hanya mengandung 27 kalori per mangkok. Sehingga sangat cocok sebagai sayuran yang bagus untuk diet.

"Kol menyediakan serat untuk membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang," jelas Devje.

Kembang kol juga bebas lemak, kolesterol, dan rendah sodium. Kamu bisa membuat nasi kembang kol, taco kembang kol, hingga sup pakai kol.

7. Kentang
Satu lagi sayuran yang bagus untuk diet adalah kentang. Kentang jalan memiliki rasa manis yang memuaskan lidah.

"Kentang punya lebih banyak serat dibanding kentang putih. Cara terfavorit saya menikmati kentang dengan memanggang bersama kulitnya," jelas Moore.

Kulit kentang memiliki banyak serat. Kamu bahkan bisa memasukkan kentang ke dalam pizza rumahan buatan sendiri. [**]

Terkini