Bahaya Pakai Kipas Angin bagi Kesehatan Saat Tidur

Rabu, 29 September 2021 | 19:12:55 WIB

Metroterkini.com - Tinggal di negara tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun memang membuat hampir setiap rumah memiliki penyejuk ruangan. Cuaca terik di siang hari yang membuat tubuh terasa sangat gerah biasa diatasi dengan menyalakan kipas angin. 

Kipas angin yang harganya lebih ekonomis ini selalu diandalkan orang untuk kesejukan di dalam ruangan. Rasanya kipas angin sudah menjadi barang yang harus dimiliki di setiap rumah. Bahkan saat tidur pun sebagian orang selalu memakainya semalaman di kamar, supaya tidak gerah saat tidur.

Meskipun bagi sebagian orang hal tersebut adalah sebuah kenyamanan. Namun ternyata hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut dampak buruk yang bisa mengancam jika menggunakan kipas angin saat tertidur.

1. Penyumbatan saluran pernapasan

Sirkulasi udara dari kipas angin dapat mengeringkan mulut, hidung, dan tenggorokan Anda. Hal ini dapat menyebabkan produksi lendir yang berlebihan, dapat menyebabkan sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau bahkan mendengkur.

Meskipun kipas angin tidak akan membuat Anda sakit, namun hal ini dapat memperburuk gejala jika Anda tengah berada di bawah cuaca buruk.

2. Alergi

Kipas angin yang terus-menerus berputar dapat mengedarkan debu dan serbuk sari di udara. Jika terlalu lama hal ini dapat memicu alergi pada beberapa orang.

Pernahkah Anda mengamati mengapa bilah atau baling kipas tampak lebih kotor? Hal ini karena bilah kipas itu sendiri adalah sumber debu lain yang tidak diinginkan. Jika Anda menghirup alergen ini, Anda bisa mengalami gejala, seperti pilek, tenggorokan gatal, bersin, mata berair, atau kesulitan bernapas. 

3. Mata dan kulit kering

Pernahkah Anda merasa mata tiba-tiba lebih panas dan kelelahan, padahal menggungakan kipas angin dalam keadaan tertidur? Udara dari kipas angin, ternyata dapat mengeringkan kulit dan mata Anda meskipun dalam keadaan tertidur. 

Jika hal ini terjadi pada Anda, melembabkan kulit Anda dan menggunakan obat tetes mata yang baik dapat membantu Anda menghindari gejala-gejala ini.

4. Nyeri otot

Sirkulasi udara yang terkonsentrasi di dalam tubuh dapat menyebabkan otot Anda menegang atau kram. Karena hal ini, kipas angin dapat memaksa Anda untuk bangun dengan keadaan otot yang terasa sakit.

Anda juga dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya nyeri otot dengan mengarahkan atau merubah gerakan kipas ke mode berputar, agar udara tidak langsung bertiup ke arah Anda.

Itulah tadi empat dampak buruk yang bisa saja terjadi saat Anda sering menggunakan kipas angin saat tertidur. [**]

Terkini