5 Kegiatan Simpel Ini Membuat Otak Cerdas dan Kreatif

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 23:09:51 WIB

Metroterkini.com - Apakah merasa otak kamu belakangan kurang prima untuk berpikir? Coba lima cara membuat otak cerdas dan kreatif berikut ini.

Otak termasuk salah satu organ vital dalam tubuh. Jika kondisinya buruk maka bisa menyebabkan masalah pada berbagai organ dan memengaruhi kegiatan sehari-hari. Otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat bersama dengan saraf tulang belakang.

Sehingga dengan otak yang prima, maka kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berbicara, bernapas, makan, minum, bergerak dan lainnya. Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah melakukan berbagai kebiasaan yang bisa membantu otak tetap prima.

Berikut lima cara membuat otak cerdas dan kreatif:
1. Belajar Hal yang Baru
Kebiasaan pertama yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan adalah belajar hal yang baru. Saat belajar hal baru, maka otak akan membangun koneksi antara neuron, serta mengganti beberapa neuron yang hilang.

Selain meningkatkan kecerdasan, belajar hal baru juga bisa mengembangkan pola pikir yang lebih baik, mendorong ketekunan dan ketahanan. Sehingga kamu bisa lebih siap menghadapi kegagalan dan keberhasilan.

2. Tidur yang Cukup
Jangan sepelekan kegiatan tidur yang sering dianggap tidak produktif. Pasalnya menurut penelitian, orang yang tidur minimal tujuh jam setiap hari bisa memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidur kurang dari tujuh jam.

Tidur merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan otak. Sebab saat tidur, hormon berperan untuk meregenerasi sel otak. Selain itu, otak akan merapikan dan mengelompokkan memori sepanjang hari sehingga ingatan bisa bertahan jangka panjang.

3. Berolahraga
Kebiasaan berikutnya yang bisa meningkatkan kecerdasan adalah berolahraga. Meski olahraga terlihat bagus untuk diet atau menurunkan lemak, nyatanya olahraga juga bagus untuk kesehatan otak.

Olahraga secara rutin bisa meningkatkan kualitas belajar, daya ingat dan konsentrasi. Jenis olahraga yang bisa bikin otak cerdas adalah olahraga aerobik seperti joging, jalan cepat, berenang dan juga senam.

Meditasi
Kebiasaan yang baik untuk kesehatan otak selanjutnya adalah meditasi. Meditasi secara rutin dibarengi dengan olahraga, aktivitas sosial dan diet sehat bisa meningkatkan daya ingat.

Selain itu, meditasi juga bisa membuat otak cerdas karena fokus meningkat. Meditasi mendorong seseorang untuk tidak terlalu mudah berpindah dari satu pikiran ke pikiran lain jadi otak lebih terkontrol dan fokus. Selain itu meditasi juga bisa jadi sarana untuk melatih pernapasan sehingga bisa mencegah kecemasan dan stres.

Permainan Mengasah Otak
Terakhir, kebiasaan yang bagus untuk kesehatan otak adalah permainan mengasah otak. Ada berbagai permainan yang bisa menjadikan otak cerdas seperti catur, puzzle, teka-teki silang, sudoku, dan banyak lagi lainnya

Jadi meningkatkan kesehatan otak tidak berkutat pada hal yang tegang atau cenderung serius, melainkan juga bisa dari kegiatan ringan dan seru seperti bermain game. Kamu bisa melakukannya saat sedang luang dan mengganti aktivitas scroll media sosial yang tak jelas tujuannya.

Itulah 5 kebiasaan yang membantu otak tetap prima, cobalah setiap hari dan lihat perubahannya! [**]


 

Terkini