Manfaat Witch Hazel, Bunga Ajaib Pembasmi Jerawat

Sabtu, 13 Februari 2021 | 00:01:23 WIB

Metroterkini.com - Berada di rumah aja tanpa menggunakan makeup, terpapar sinar matahari ataupun polusi, tidak menjadi jaminan kulit terbebas dari masalah terutama jerawat.

Di sisi lain, perubahan hormon akibat tingkat stres dan fenomena maskne (mask acne) menjadi dua masalah kulit paling utama yang mengganggu di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Apalagi, terlalu banyak menghabiskan waktu di rumah juga dapat membuat kita lebih malas merawat kulit wajah.

Dalam mencegah dan mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakan perawatan kulit wajah yang mengandung ekstrak witch hazel.

Witch hazel sendiri dipercaya memiliki fungsi untuk membantu mengurangi pembengkakan, memperbaiki kulit yang rusak, dan melawan bakteri.

Witch hazel merupakan jenis bunga dari keluarga Hamamelidaceae yang tumbuh di Amerika Utara, Jepang serta China.

Dikatakan, ekstrak witch hazel berfungsi untuk astrigent atau menyamarkan tampilan pori serta menenangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, campuran witch hazl dengan salicylic scid atau BHA sebagai anti-bakteri yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat jyga dapat mengangkat sel kulit mati serta mengurangi microcomedones pada kulit.

Tak kalah penting, kamu juga perlu memilih produk skincare yang memiliki keseimbangan pH dan teruji non-comedogenic dan non-acnegenic atau tidak menginduksi atau mendorong pembentukan mikrokomedo dan jerawat.

Rangkaian skincare dari ERHA AcneAct Witch Hazel misalnya, menyediakan toner yang mengandung ekstrak witch hazel yang berfungsi untuk mengatasi, meredakan, dan menenangkan kemerahan atau inflamasi akibat kondisi berjerawat.

Ada juga Acne Calming Gel yang diperkaya dengan minya lavender dan Bisabolol yang memberikan aroma menenangkan sehingga cocok juga digunakan ketika kulit sedang kemerahan akibat jerawat.

Selain itu Acne Calming Gel ini juga memiliki kandungan Aloe Vera Extract yang berperan sebagai moisturizing agent dan bekerja sebagai humektan yang membantu menghidrasi kulit serta Chamomile Extract yang berperan dalam melembapkan dan menjadi antioksidan yang mendorong regenerasi sel-sel kulit agar kulit tetap halus dan lembut. [**]

Terkini