Peneliti: Minum Kopi 3 Sehari Bisa Perpanjang Umur

Kamis, 04 Februari 2021 | 16:27:38 WIB

Metroterkini.com - Saat ini, kopi tidak hanya sekedar hidangan semata. Melalui secangkir kopi di sebuah warung atau kafe, perputaran ekonomi bisa terjadi.

Pecinta kopi belakangan kian banyak ditemui di Indonesia. Nah, kabar yang satu ini bisa jadi kabar baik bagi kalian yang menyukai kopi.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, seorang yang suka minum kopi espresso dapat membuat umur lebih panjang serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition itu menyebutkan, meminum tiga hingga empat cangkir kopi espresso per hari berkaitan dengan kematian yang lebih rendah.

Baca Juga:
Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat, Berpengaruh ke Mikroba di Usus Lho!

Namun, harap diketahui, subyek penelitian tidak memiliki riwayat penyakit kardiovaskular atau kanker. Penelitian ini melibatkan 20 ribu sampel dalam 8 tahun penelitian.

Para peneliti memberikan ukuran 30 ml, ukuran cangkir standar espresso kepada para sampel. 

Menurut penelitian itu, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kopi, minum tiga hingga empat cangkir espresso dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari semua penyebab kematian seperti kardiovaskular.

Hasil serupa disebutkan oleh peneliti di PLOS Biology  yange menyebut, empat gelas espresso bisa jadi lebih baik untuk kesehatan.

Sejumlah penelitian lainnya juga mengemukakan bahwa manfaatnya mungkin termasuk penurunan risiko kanker, sirosis, dan depresi.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Meski demikian, sejumlah penelitian lain menunjukkan sebaliknya. Salah satunya studi dari University of South Australia tahun 2019 lalu yang menunjukkan, minum enam cangkir atau lebih sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 22 persen. [**]

Terkini