5 Cara Alami Menebalkan dan Memanjangkan Bulu Mata

Ahad, 31 Januari 2021 | 23:02:36 WIB

Metroterkini.com - Bagi pemilik bulu mata tipis, biasanya kerap mengandalkan maskara atau bulu mata palsu untuk membuat bulu mata tampak tebal. Tapi adakah cara alami untuk menebalkan dan memanjangkan bulu mata?

"Sangat mungkin kita bisa melebatkan dan memanjangkan bulu mata. Umumnya bulu mata yang sehat tumbuh berkisar 0.15 milimeter per hari," ujar Dermatologis Yale Medicine, Brett King, MD diwartakan Insider, Sabtu (30/1/2021).

Meski butuh waktu rata-rata 2 bulan untuk menumbuhkan bulu mata, Anda bisa mencoba beberapa cara alami berikut untuk membantu mempercepat pertumbuhannya.

1. Obat tetes
Ini bukan obat tetes sembarangan, lho, ya, karena obat ini adalah obat penumbuh bulu mata. Sudah disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat, FDA, obat penumbuh bulu mata ini disebut bimatoprost.

Bimatoprostharus diteteskan secara rutin selama 2 bulan di antara kelopak mata tempat bulu mata tumbuh. Biasanya, efeknya baru akan terlihat setelah pemakaian delapan minggu, dan untuk hasil maksimal sebaiknya digunakan selama 16 minggu.

2. Castrol oil
Castrol oil atau lebih dikenal dengan sebutan minyak jarak ini punya manfaat mempercantik kulit. Minyak ini sudah digunakan sejak zaman dulu karena kandungan vitamin E, protein, serta omega 6 dan 9. Minyak ini punya efek meredakan peradangan akibat penggunaan maskara atau riasan lainnya di sekitar mata. Selain itu minyak ini juga bermanfaat untuk menebalkan bulu mata.

3. Makan makanan bergizi
Untuk menebalkan bulu mata, American Academy of Ophthalmology menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, buah-buahan dan sayuran untuk merangsang petumbuhan bulu mata.

Vitamin A, B, D dan E adalah sederet vitamin yang penting untuk menumbuhkan rambut.

4. Menjaga kebersihan
Jika mata Anda sensitif dan mudah teriritasi, maka pastikan Anda bisa menjaga kebersihan bulu mata dengan baik. Hapus semua makeup sebelum pergi tidur, hindari produk makeup kedaluwarsa, tidak menggunakan alat makeup bersama orang lain, dan pastikan rajin membersihkan kuas dan spons makeup secara teratur.

5. Tidak sembarangan pakai produk bulu mata
Entah itu maskara, bulu mata palsu, penjepit bulu mata, hingga pengeriting bulu mata, karena bahan kimia berbahaya bisa merusak bulu mata.

Sebaliknya, aplikasikan secara rutin penggunaan minyak jarak atau petroleum jelly, yang secara alami bisa merawat bulu mata dan terlihat lebih lebat. [**]

Terkini