Kenali Tanda Awal Penuaan Dini di Area Kulit Wajah

Kamis, 19 November 2020 | 22:29:13 WIB

Metroterkini.com - Merasa ada yang berubah dengan kulit wajah? Waduh, jangan-jangan kamu memiliki masalah penuaan dini!

Dikatakan, perubahan tekstur pada kulit menjadi salah satu tanda penuaan dini paling umum yang diakibatkan oleh bertambahnya usia.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Hari Darmawan Sp. KK. mengatakan, setidaknya ada lima perubahan kulit yang sering dikeluhkan terutama oleh perempuan, sebagai tanda penuaan dini. 

"Ada beberapa kondisi yang terjadi yaitu penebalan kulit yang menyebabkan kulit makin tebal, kusam, kasar. Kemudian mulai muncul keriput dan garis halus. Terutama pada kulit yang paling sering dikelihatan adalah area sekitar mata," kata Hari dalam webinar 'Peremajaan Kulit untuk Kulit Sehat dan Cerah dengan Teknologi Laser', Rabu (18/11/2020) kemarin,

Menurut Hari, munculnya kerutan halus pada area mata menjadi keluhan yang paling sering disampaikan pasien kepada dokter kulit.

Munculnya kerutan tersebut dianggap wajar sebab kulit area mata sangat tipis. Sehingga kerutan halus yang sudah mulai muncul dianggap wajar.

Ditambah lagi dengan kantung mata yang mulai terbentuk, jelas dokter Hari. Biasanya kondisi itu mulai terjadi saat seseorang berusia 20-an tahun. Selain itu elastisitas kulit juga akan menurun yang menyebabkan wajah terlihat kendur. Bisa juga timbul pelebaran pembuluh darah yang terkadang dikeluhkan pasien karena mulai muncul urat-urat halus, ujar dokter Hari. 

"Juga muncul tumor jinak atau kita sebut juga kutil karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Dan yang paling sering dikeluhkan adalah munculkan flek hitam bisa bekas jerawat atau sering kena paparan sinar matahari," katanya.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menahan menuaan dini, lanjutnya. Pertama dengan pemakaian skincare, mulai dari sunscreen di pagi hari, memakai pelembap dan serum atau krim malam. 

"Bisa juga ditambahkan dengan antioksidan oral, vitamin. Protation yang bisa mencegah penuaan dini. Juga pengangkatan sel kulit mati dengan lakukan pilling. Dan yang paling cepat hasilnya terlihat adalah dengan menggunakan laser di klinik kecantikan," ucapnya. [**]

Terkini