Perawatan Kecantikan yang Dilarang Oleh Islam

Rabu, 18 November 2020 | 00:21:56 WIB

Metroterkini.com - Memiliki penampilan yang cantik dan menarik merupakan dambaan para kaum wanita. Jadi, enggak heran kalau banyak wanita yang melakukan perawatan kecantikan demi mendapatkannya.

Walaupun begitu, sayangnya beberapa jenis perawatan kecantikan ini justru dilarang oleh agama Islam. Jadi buat para muslimah, sebaiknya jangan melakukan 5 jenis perawatan ini ya!

Mewarnai Rambut dengan Warna Hitam

Mengecat rambut merupakan salah satu perawatan rambut yang banyak dilakukan oleh wanita. Tapi bagi kamu yang beragama Islam, jangan mewarnai rambutmu kembali dengan warna hitam ya.

Mengecat rambut merupakan salah satu perawatan rambut yang banyak dilakukan oleh wanita. Tapi bagi kamu yang beragama Islam, jangan mewarnai rambutmu kembali dengan warna hitam ya. Sebab, mengecat atau mewarnai rambut dengan warna hitam itu tidak dianjurkan dalam ajaran Islam.

Larangan ini terdapat dalam salah satu Hadist Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi "Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tapi hindarilah warna hitam," (Hadist Riwayat Muslim).

Mencukur atau Mencabut Alis

Memiliki alis yang indah memang keinginan banyak wanita. Bahkan, enggak sedikit yang melakukan sulam alis di salon-salon kecantikan. Namun perawatan kecantikan yang satu ini juga dilarang dalam ajaran Islam.

Hukum ini telah diungkapkan oleh Nabi Muhammad SAW, "Nabi shallallahu 'alaihiwasallam melaknat perempuan yang menghilangkan bulu alis dan yang meminta dihilangkan bulu alisnya," (Hadist Riwayat Abu Dawud dan diriwayatkan HR Bukhari & Muslim). Nah oleh sebab itu untuk para muslimah, jangan melakukan hal ini ya.

Menggunakan Produk Kecantikan yang Haram

Jutaan produk kecantikan yang tersebar di pasaran saat ini membuat para wanita kesulitan untuk mengetahui asal muasal dari produk tersebut. Jadi bagi kamu yang beragama Islam harus sangat berhati-hati dalam memilih produk kecantikan.

Pilihlah produk kecantikan yang memiliki logo dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan begini, makeup yang kamu kenakan pun aman digunakan saat sholat.

Menyambung Rambut dan Tanam Bulu Mata

Larangan menyambung rambut dan tanam bulu mata juga sudah dijelaskan dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, r.a., yang berbunyi "Allah SWT melaknat perempuan yang menyambung rambut dan meminta untuk disambung rambutnya," (Hadist Riwayat Bukhari).

Sayangnya, masih banyak wanita muslim yang belum menyadari larangan ini. Oleh sebab itu, setelah mengetahui larangan ini sebaiknya kamu melepas jenis perawatan ini ya.

Mengubah Ciptaan Allah

Segala perawatan yang dianggap mengubah ciptaan Allah SWT dilarang dalam agama Islam. Misalnya saja seperti merenggangkan atau meruncingkan gigi demi kecantikan, operasi plastik, dan lain sebagainya.

Larangan ini pun sudah disampaikan Shohih Sunan An-Nasa'I dari Hadist Abdullah bin Mas'ud, "Rasulullah melaknat orang-orang yang memasang tato, menajamkan giginya, mencabut alis matanya, dan mengubah ciptaan Allah," (Hadist Riwayat An-Nasa'I 5253 dan dishohikan oleh Syaikh al-albani dalam shohih Sunan An-Nasa'I). [**]


 

Terkini