Obat Tradisional Muntah dan Diare untuk Anak

Jumat, 13 November 2020 | 18:33:30 WIB

Metroterkini.com - Muntah dan diare termasuk penyakit yang kerap dialami anak-anak. Bagaimana cara menangani muntah dan diare pada anak dengan obat tradisional?

Beberapa obat alami atau obat rumahan diyakini dapat menangani muntah dan diare pada anak. Opinion Research Corporation dalam survei yang dirilis pada 2009 mengungkapkan 40 persen orangtua mengaku tertarik dengan pengobatan alami untuk anak-anaknya.

"Orang tua menginginkan perawatan yang lembut dan alami, namun tetap efektif," kata dokter anak Hilary McClafferty, M.D, dilansir Parents.

1. Air beras
Seperti dikutip dari HaiBunda.com, air beras bisa membantu mengatasi anak muntah akibat gastritis. Beras putih adalah pilihan terbaik untuk dibuat air beras dibandingkan beras merah.

Bunda cukup siapkan secangkir beras putih dan dua gelas air. Rebus beras setengah matang dan saring sari pati yang tertinggal.

Berikan pada anak yang mengalami muntah ya, Bunda. Pemberiannya jangan dipaksakan atau pelan-pelan.

2. Air jahe
Jahe bekerja dengan baik untuk mengatasi mual dan muntah pada anak. Selain itu, kandungannya bisa mengobati penyebab diare, seperti infeksi bakteri atau gangguan pencernaan.

Konsumsi air jahe sebagai obat tradisional bisa menenangkan si kecil yang kehilangan cairan. Air jahe juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan gejala diare.

Untuk membuatnya, Bunda cukup ambil satu buah jahe dan rebus di air sekitar lima menit, kemudian saring. Agar terasa manis, bisa ditambahkan satu sendok teh gula atau madu.

3. Madu
Madu berperan sebagai antiseptik ringan dan obat yang sangat baik untuk anak-anak dengan kondisi diare. Satu sendok teh madu organik dapat mengatasi kasus diare ringan pada anak-anak.

Cukup berikan satu sendok teh makan madu atau campur dengan bahan lain. Pilihan terbaik adalah mencampur dengan air lemon atau jahe.

4. Kaldu ayam
Kaldu ayam yang dibuat sup bisa menggantikan cairan yang hilang karena muntah dan diare. Kaldu ayam yang mengandung rendah lemak paling baik dikonsumsi, Bunda.

Selain itu, kaldu ayam mengandung natrium yang dapat meningkatkan hidrasi. Umumnya, anak yang muntah dan diare mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan.

Kaldu ayam juga mudah didapat di pasaran. Bunda bahkan juga bisa menyajikannya dengan tambahan sayur-sayuran.

5. Pisang
Memberi 2-3 buah pisang bisa mengatasi diare pada anak. Jika si kecil muntah, sepotong pisang saja sudah cukup diberikan.

Pisang bekerja dengan menyeimbangkan elektrolit di dalam perut karena kandungan kalium dan pektinnya. Nutrisi tersebut membantu menyerap air dari kotoran dan mengeraskannya, sehingga menghentikan diare.

"Kalium adalah elektrolit yang hilang selama muntah atau diare. Pisang juga mengandung zat tepung dan mengikat, sehingga dapat mengurangi diare," kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis buku Belly Fat for Dummies, dilansir Everyday Health. [wlp-met]

Terkini