Hilangkan Stres, Ini 5 Manfaat Masak Menurut Psikolog

Selasa, 01 September 2020 | 22:51:52 WIB

Metroterkini.com - Menyantap makanan favorit memang bisa mengembalikan mood. Namun bagaimana kalau memasak sendiri? Sebab kegiatan ini justru dapat memberikan banyak nilai lebih karena menyenangkan.

"Semasa pandemi, memang banyak orang yang mengalami kecemasan yang luar biasa hingga menimbulkan stress yang turut berdampak pada keluarga. Menghilangkan stress atau kecemasan ini dapat dilakukan dengan menciptakan banyak kegiatan yang menyenangkan," kata Dr. Rose Mini Agoes Salim, psikolog dan akademisi Universitas Indonesia.

Hal ini juga didukung oleh Dessy Ilsanti, psikolog klinis. Ia mengatakan untuk mengurangi stres harus fokus pada diri sendiri dan apa yang ada di sekitarnya, misalnya keluarga.

"Kita bisa berfokus pada hal-hal yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya memasak," tambahnya, Selasa (1/9/2020).

Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa memasak memiliki berbagai macam manfaat, termasuk menuntaskan kekhawatiran akan higienitas.

Selain itu, berikut beberapa manfaat memasak yang juga sudah dibuktikan oleh ahli:

1. Memberi kepuasan tersendiri (self-rewarding)

Memasak bisa menjadi salah satu keahlian yang bisa dipelajari dan bisa berpengaruh terhadap perasaan dan pikiran.

"Dengan bahan yang siap masak sebenarnya sangat memudahkan. Kita tidak harus punya skill ahli dalam memasak, namun tetap memudahkan kita mencapai self rewarding. Jadi kita set standarnya juga jangan ketinggian sehingga mencapainya pun bisa jadi lebih mudah karena kegiatan ini dilakukan sendiri rumah," jelas Dessy.

2. Cara terapi

Menurut Rose, memasak memberikan kenyamanan dan menambah eksistensi diri.

"Itulah sebabnya, saat seseorang menikmati memasak, daya tahan tubuhnya akan meningkat karena berarti ada hormon yang keluar yang membuat kita tidak dalam situasi tegang," paparnya.

3. Lebih kreatif

Sebuah studi 2016 menunjukkan memasak dapat meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan.

Studi ini mengikuti gerakan dan bahasa tubuh 658 orang selama dua minggu ketika memasak. Mereka mencatat ketika peserta melakukan hal-hal kecil, bermakna, dan menenangkan, seperti memanggang setiap hari, peserta lebih bahagia.

Kreativitas yang terlibat dalam memanggang, menurut para ilmuwan penelitian tersebut, membuat orang merasa lebih ‘membumi’ dan mampu melakukan sesuatu.

4. Menghemat biaya

Jamie McNally, seorang asisten profesor psikologi dan pemilik Sycamore Counseling Services, mengatakan memasak di rumah cenderung menghemat uang.

Lebih lanjut, kondisi finansial dapat memperburuk kondisi kesehatan mental dan tekanan pada hubungan.

"Karena pertengkaran tentang uang cenderung menjadi salah satu konflik paling umum dalam suatu hubungan, pasangan dapat menggunakan memasak di rumah untuk memperkuat hubungan mereka," jelasnya.

5. Meningkatkan kualitas hubungan di rumah

"Lebih sering melakukan kegiatan dari rumah di masa pandemi ini ternyata dapat lebih sering menimbulkan konflik. Namun memasak bersama bisa dilakukan untuk mengatasi ini," lanjut Dessy.

Ia menambahkan, Siap Masak, layanan GoFood di aplikasi Gojek, dapat bikin kegiatan memasak melibatkan seluruh anggota keluarga.

"Alasan orang gemar makanan siap masak juga bukan semata-mata karena waktu, namun juga karena kepraktisannya," tandasnya. [***]

Terkini