Inilah 3 Cara Agar Rambut Anda Lurus Alami

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 16:53:14 WIB

Metroterkini.com - Bagi Anda yang ingin memiliki rambut lurus dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. Baca terus cara agar rambut kamu lurus alami tanpa harus ribet ke styles rambut.

Tampilan rambut idaman seseorang akan berbeda sesuai dengan selera masing-masing. Ada yang senang jika rambutnya keriting atau bergelombang namun ada yang lebih menginginkan rambut lurus.

Bagi Anda yang kurang suka dengan rambut keriting atau bergelombang, terdapat beberapa cara agar rambut lurus.

Anda dapat menggunakan ‘catokan’ atau produk kimia yang dapat membuat rambut semakin mudah diatur. Namun, jika Anda ingin menghindari penggunaan alat atau bahan tersebut, Anda juga dapat menggunakan cara-cara alami berikut ini:

1. Menggunakan Essential Oil

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengoleskan essential oil ke rambut Anda.

Beberapa essential oil ini lebih mudah diserap ke dalam rambut dibandingkan dengan produk rambut berbahan kimia. Anda dapat memilih essential oil favorit Anda, mulai dari minyak kelapa, minyak argan, minyak almond, ataupun minyak macademia.

Essential oil ini dapat mengunci dan memperbaiki sel-sel rambut Anda sehingga rambut dapat lebih mudah diatur.

Sebelum mengoleskannya ke rambut, Anda terlebih dahulu dapat menggosok minyak tersebut dengan telapak tangan agar tersebar secara merata. Aplikasikan essential oil ini pada bagian rambut yang paling susah di atur, seperti ujung rambut. Jangan mengoleskannya secara berlebihan karena malah akan membebani rambut Anda.

2. Menggunakan Hair Mask Alami

Menggunakan masker rambut alami juga dapat menjadi pilihan selanjutnya. Anda bisa membuat ramuan masker rambut sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami kesukaan Anda.

Salah satu formula masker rambut favorit banyak orang ialah susu dan madu. Campuran keduanya dipercaya tidak hanya dapat membuat rambut menjadi lurus tetapi juga halus.

Caranya, campurkan 1 cangkir susu murni atau santan dengan 1 sdm madu. Kemudian, oleskan ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam agar masker dapat terserap sampai ke kulit kepala. Setelah itu, bilas rambut dan keringkan dengan handuk.

Selain dengan madu, Anda juga dapat mencampurkan susu dengan 1 butir telur. Diamkan formula ini di rambut selama lebih kurang 10 menit.

Kemudian peras rambut secara lembut dan bungkus dengan penutup plastik selama 30 menit. Setelah itu, barulah bilas rambut Anda dan keringkan dengan handuk.

3. Menggunakan metode hair wrapping

Cara terakhir ialah dengan hair wrapping. Cara ini memang cukup populer digunakan untuk meluruskan rambut tanpa bantuan ‘catokan’.

Jika melakukannya dengan efektif, rambut Anda benar- benar akan menjadi lurus. Anda perlu menyiapkan ikat rambut, jepit rambut atau peniti rol, serta syal atau kerudung berbahan satin.

Saat rambut masih dalam keadaan lembab, ikat rendah rambut menjadi satu atau dua ikatan. Setelah itu, ikat kembali rambut di bawah ikatan pertama dan tambahkan ikatan untuk setiap incinya hingga sampai ke bagian ujung rambut.

Pastikan ikatan tersebut longgar agar tidak meninggalkan bekas di rambut Anda.

Kemudian, bungkus seluruh rambut dengan syal atau kerudung dan kaitkan dengan menggunakan jepit rambut di sekeliling pangkal rambut Anda. Biarkan rambut Anda terbungkus seperti ini dan lepaslah keesokan harinya.

Demikian 3 cara agar rambut lurus alami. Anda juga dapat menerapkan tiga cara ini dalam satu rangkaian perawatan untuk mendapatkan hasil terbaik. Semoga bermanfaat! [***]
 

Terkini