Kenali Penyebab V-Belt Skutik Bermasalah dan Mengganti

Sabtu, 18 Juli 2020 | 17:48:01 WIB

Metroterkini.com - Skuter matik atau skutik digerakkan oleh sabuk khusus yang dinamai v-belt atau sabuk berbahan karet. Cara kerjanya menghantar daya dari mesin yaitu dengan cara meneruskan putaran primary pulley (puli depan) ke secondary pulley (puli belakang).

Komponen tersebut fungsinya mirip rantai pada motor bebek yang menjadi penghubung antara gir kecil di bagian samping mesin ke roda belakang.

V-belt sangat berperan pada performa skutik. Sehingga jika ada kerusakan V-belt efeknya mengganggu perjalanan. Karena itu pengendara disarankan mengetahui penyebab kerusakan komponen tersebut dan kapan waktu yang tepat harus menggantinya. Berikut ulasan singkat:

Tanda v-belt skutik bermasalah

Ada banyak tanda ketika v-belt mulai bermasalah dan berisiko putus. Tanda pertama munculnya suara berdecit pada bagian transmisi CVT. Bunyi umumnya terdengar saat matik hendak melaju.

Tanda kedua tarikan tersendat saat gas rendah menuju tinggi atau dari posisi diam ke menuju bergerak. Tanda ketiga performa dan kecepatan motor menurun drastis.

Penyebab v-belt skutik bermasalah

Setiap v-belt matik memiliki usia berbeda-beda. Pembeda dari usia v-belt pada motor tergantung pemakaian yang lebih lama dan sering digunakan mengangkut barang atau benda terlalu berat melebihi kapasitas maksimum.

Selain itu, apabila matik sering digunakan kebut-kebutan, maka hal tersebut juga menjadi salah satu faktor penyebab v-belt cepat aus, mengutip situs resmi Wahana Honda.

Efek v-belt skutik putus

Ketika v-belt putus maka motor kehilangan tenaga sama sekali karena tidak ada pengantar tenaga dan penghubung pulley bagian depan dengan belakang. Efek lain ketika v-belt putus dapat merembet pada komponen lain sistem transmisi CVT.

Waktu penggantian v-belt skutik

V-belt juga memiliki usia pakai. Umumnya usia v-belt beragam atau tidak sama antara satu matic dengan motor lainnya. Hal itu dikarenakan beberapa faktor. Namun standarnya rata-rata waktu harus mengganti v-belt ketika matic tersebut sudah menempuh jarak antara 25 ribu sampai 30 ribu kilometer atau sekitar dua tahun pemakaian. [**]
 

Terkini