Vaksin Corona Bentuk Inhaler Akan Tersedia Agustus

Senin, 08 Juni 2020 | 20:40:28 WIB
Foto Ilustrasi

Metroterkini.com - Vaksin virus Corona (Covid-19) dalam bentuk inhaler diyakini bisa siap pada Agustus mendatang. Para ilmuwan di University of Oxford merasa 80 persen yakin bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan akan bekerja dengan baik, terutama pada orang yang lebih muda.

Perusahaan obat Astra Zeneca akan memproduksi dua miliar dosis vaksin ketika mendapat persetujuan.

Profesor Adrian Hill dari Pusat Pengobatan Personalisasi universitas dilaporkan memberikan rincian baru dalam kuliah online pekan ini tentang vaksin tersebut.

"Kami menduga mungkin sekitar Agustus. Obat itu akan tersedia dalam bentuk inhaler," ucap profesor Adrian Hill, seperti dikutip dari Mirror, Senin (8/6/2020).

Uji coba vaksin dimulai pada April lalu dengan 10.260 orang dewasa berusia di atas 55 tahun dan anak-anak menjadi peserta dalam percobaan tersebut.

Sejak itu, Astra Zeneca telah setuju untuk memasok 100 juta dosis vaksin ke Inggris. Perusahaan Anglo-Swedia juga telah menandatangani kesepakatan senilai 1 miliar dolar AS untuk vaksin virus Corona dengan pemerintah Amerika Serikat.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, dilaporkan juga telah memberikan dana besar untuk tujuan ini.

Meski begitu, vaksin virus Corona masih menjalani uji coba di Jenner Institute University of Oxford, yang bekerja dengan Oxford Vaccine Group pada proyek tersebut.

Untuk saat ini, masih belum ada vaksin atau pengobatan yang tersedia untuk Covid-19, tetapi dokter di seluruh dunia sedang menguji obat anti-virus saat ini untuk mengetahui apakah vaksin itu bekerja dengan baik. [***]

Terkini