Tips Hilangkan Bosan dan Isi Waktu Luang saat Ramadan

Rabu, 13 Mei 2020 | 18:13:36 WIB

Metroterkini.com - Bulan Ramadan, biasanya identik dengan berbagai kegiatan di luar rumah. Mulai dari tarawih, buka bersama (bukber) dengan teman, saudara/kerabat, ngabuburit, dan lain-lain. Akan tetapi, masa pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai kegiatan tersebut harus dilakukan di rumah.

Masa pandemi mengharuskan masyarakat untuk melakukan pekerjaan serta pendidikan di rumah. Terkadang, masyarakat merasa bosan dengan kegiatan yang ada. Terutama untuk mengisi waktu luang saat selesai bekerja. Banyak kegiatan yang dapat mengisi waktu luang di saat kondisi seperti ini, terutama saat bulan Ramadan, kegiatan tersebut di antaranya:

Menghatamkan Alquran

Untuk umat Islam, bulan Ramadan menjadi waktu yang baik untuk meningkatkan keimanan. Biasanya di bulan Ramadan, umat Islam memiliki keinginan untuk menghatamkan Alquran.

Pada masa pandemi seperti saat ini, melakukan kegiatan di rumah saja sangat mendukung untuk umat Islam melakukan berbagai ibadah, terutama dengan keluarga. Selain itu, menghatamkan Alquran dapat dilakukan bersama-sama. One day one jus bisa menjadi tips untuk menghatamkan Al-Qur’an saat Ramadan.

Membuat Menu Berbuka dengan Keluarga

Bulan Ramadan di masa pandemi, keluarga berkumpul di rumah karena dilarang untuk melakukan aktivitas di luar. Untuk mengisi waktu luang, terutama menunggu waktu berbuka, kamu bisa menyiapkan menu berbuka bersama keluarga. Banyak inspirasi menu berbuka di media sosial yang mudah di buat.

Melakukan kegiatan bersama keluarga mempererat hubungan satu sama lain. Manfaat lain dari menyiapkan menu berbuka sendiri, yaitu lebih menghemat pengeluaran. Selain itu, dengan menyiapkan menu berbuka sendiri, makanan yang di buat menjadi lebih sehat.

Melakukan Olahraga Ringan

Bulan Ramadan tidak menjadi halangan untuk melakukan olahraga. Pada saat bulan puasa di masa pandemi seperti saat ini, kita harus menjaga tubuh untuk tetap sehat. Olahraga membuat daya tahan tubuh kita terjaga sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Masa pandemi membuat kita tidak bisa melakukan olahraga di luar rumah. Untuk itu, kamu dapat melakukan berbagai olahraga ringan di dalam rumah. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan benda-benda yang terdapat di rumah sebagai alat bantu.

Membuat Kerajinan Tangan

Jika kamu memiliki banyak barang yang sudah tidak terpakai, mungkin bisa memanfaatkannya menjadi berbagai keraajinan tangan. Biasanya di media sosial banyak inspirasi untuk membuat kerajinan tangan dari barang-barang yang sudah tidak terpakai.


Membuat kerajinan tangan, selain melatih kreatifitas, juga mengurangi sampah dengan memanfaatkannya. Selain itu, membuat kerajinan tangan dapat di jual sehingga menghasilkan uang.

Berkarya dengan Media Sosial

Masa pandemi seperti saat ini, kegiatan yang dilakukan di rumah saja. Media sosial menjadi kunci utama untuk mengisi waktu luang. Tetapi kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan karya-karya.

Kamu dapat membuat berbagai video yang inspiratif. Selain itu, kamu juga bisa membuat berbagai tips dan trik untuk mengisi waktu luang di masa pandemi kepada teman-teman media sosialmu. Hal lain juga, kamu bisa membuat desain-desain menarik yang dapat kamu bagikan ke teman-teman di media sosial. [***]

Terkini