French Khimar, Hijab Panjang Menyatu dengan Tunik

Rabu, 16 Januari 2019 | 15:08:18 WIB

Metroterkini.com - Desain hijab semakin bervariasi. Mulai dari bentuk scarf yang universal hingga beragam jenis hijab instan. Salah satu desain hijab unik dan mulai naik daun adalah French khimar.

Bentuk French khimar seperti paduan dari khimar instan dan oversized tunic. Bentuknya juga seperti mukena karena sangat lebar dengan detail tangan yang mengerucut, persis mukena one piece yang sudah banyak dijual di Indonesia.

French khimar sudah mulai diproduksi sejak tahun 2011. Salah satu pencetusnya adalah Abaya Malikah, sebuah brand yang khusus menjual produk busana muslim syar'i seperti abaya, khimar, dan cadar.

Dikutip dari website resmi Abaya Malikah, nama French khimar terinspirasi dari gaya hijab wanita di Prancis. Desain seperti ini memang sudah lebih dulu ditemukan di negeri yang dikenal romantis itu.

French khimar juga sudah mulai dipakai selebriti berhijab, seperti Ratu Anandita, Herfiza, dan Zaskia Sungkar. Hal ini terlihat saat mereka melakukan kajian bersama. Mereka terlihat teduh memakai French khimar berwarna dusty pink.

Bahan yang digunakan untuk membuat French khimar berbeda-beda. Pada foto-foto yang beredar, French Khimar asli dari Paris menggunakan bahan satin, katun, hingga sifon.

Di Indonesia, pemilihan bahan yang tidak transparan dan tidak membentuk badan lebih diutamakan. Abaya Malikah contohnya, brand ini menggunakan bahan twiscone dan silky polyster. Bahan ini populer dipakai untuk gamis. 

Di Indonesia, French khimar dijual dalam warna-warna lembut dan netral seperti hitam dan beige. Namun, di Paris hijab seperti ini juga dijual dalam kain bercorak dan berwarna-warni. [llp-mer]

Terkini