Kemeriahan MTQ ke XXIV 2024 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu

Metroterkini.com - Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan melepas secara resmi pawai taaruf dalam rangka pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-24 tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Senin (26/02/2024).

Kegiatan pawai taaruf berlangsung meriah dan diikuti ribuan warga sehingga menyebabkan kemacetan dari simpang kantor Desa Pematang Berangan menuju Bundaran Ratik Togak Pemda Rohul.

Pawai taaruf dihadiri Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK, Dandim 0313 KPR yang diwakili Danramil Rambah, Ketua GOW Rokan Hulu Ny.Sri Yulita Indra Gunawan, Sekretaris Daerah(Sekda)Rohul Muhammad Zaki,S.STP,M.SI, Ketua DWP Rokan Hulu Ny.Siska Irdaningsih Zaki, Kemenag Rohul H.Zulkifli Syarif S.Ag, Seluruh Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam MTQ ini ada 8 cabang perlombaan yang akan dipertandingankan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Saat ini yang sudah melakukan registrasi sekitar 457 peserta yang akan berlomba di beberapa lokasi lomba yang sudah disiapkan," ujar Kemenag

Kemudian, rangkaian acara di lanjutkan dengan malam pembukaan Helatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-24 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyajikan kilauan meriah yang memukau. Acara ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu, serta dihiasi dengan kembang api yang menari-nari di langit malam Dataran Tinggi Pematang Baih.

Wabup juga menyampaikan selamat kepada para kafilah yang mengikuti MTQ ke-24 tingkat Kabupaten Rokan Hulu, mengajak mereka untuk memanfaatkan momentum ini untuk menunjukkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi Al-Quran.

Orang nomor 2 di Rokan Hulu ini juga berjanji memberikan hadiah umroh ke Tanah Suci Makkah bagi juara pertama penghafal Al-Quran 30 Juz. Kemudian menegaskan pentingnya Al-Quran sebagai petunjuk jelas bagi umat manusia, yang membawa pesan-pesan kebijaksanaan, keadilan, dan kasih sayang. Wabup berharap MTQ ini dapat menumbuhkan semangat cinta terhadap Al-Quran dan menjadikannya pedoman utama dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, penutupan perhelatan MTQ XXIV tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Sekda Rohul, Muhammad Zaki SSTP MSi, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono SIK, Kakan Kemenag Rohul, Zulkifli, Kajari Rohul, Fajar Haryowimbuko MH dan Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu lainnya.

Bupati H.Sukiman Memaparkan dalam sambutannya, MTQ bukan sekadar ajang perlombaan, namun lebih dari itu, yang mana MTQ merupakan wadah untuk mengokohkan hubungan kita dengan Al-Qur’an, petunjuk yang agung bagi umat manusia.

"Melalui lantunan ayat-ayat-Nya yang merdu, kita menghidupkan kembali semangat kebersamaan dan kecintaan kepada kitab suci Al-Qur'an," terang Bupati.

Melalui perhelatan MTQ ke-24 tingkat Kabupaten tahun 2024 ini, Bupati berharap dapat menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat sehingga mampu menjadikan Al-Quran sebagai pedoman utama dalam kehidupan.

"Mari kita jadikan MTQ ini sebagai pemicu semangat untuk terus memperdalam pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan, jadikanlah Al-Qur’an sebagai penuntun hidup, sehingga kita menjadi umat yang bertaqwa, Tahniah kepada para pemenang yang telah menorehkan prestasi gemilang dalam MTQ ke-24 ini. Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi, kerja keras, dan ketekunan dalam mempelajari serta melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an, Kepada peserta yang belum berhasil meraih juara Teruslah berlatih, teruslah berkembang dan percayalah bahwa setiap usaha yang dilakukan dengan ikhlas akan mendapatkan hasil yang memuaskan di masa depan." pungkas Bupati.

Masih dalam acara penutupan, Wabup Menepati apa yang telah disampaikan kala membuka MTQ ke 24 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, dimana akan memberikan Doorprize Umroh Gratis Bagi Juara Pertama Hafalan 30 Jus Putra dan Putri, dengan langsung menyerahkan hadiah kepada pemenang juara 1 Hafalan 30 Juz yang diperoleh oleh Muhammad Nabil As-Syaqidari Rokan IV Koto dan Sarah Balqis Lainatus Sifa dari Tambusai berupa Umroh gratis.

MTQ tahun ini akan menjadi barometer persiapan Rohul menyongsong pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi yang akan berlangsung di Kota Dumai. Diharapkan melalui MTQ ini dapat menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik Rohul. **

Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan melepas secara resmi pawai taaruf MTQ ke-24 tingkat Kabupaten Rohul

Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan melepas secara resmi pawai taaruf MTQ ke-24 tingkat Kabupaten Rohul

Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan memberikan sambutan saat pawai taaruf MTQ ke-24 tingkat Kabupaten Rohul

Peserta pawai taaruf MTQ ke-24 tingkat Kabupaten Rohul yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati

Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan dan sejumlah pejabat Kabupaten Rohul di malam pembukaan  

Sambutan malam kemeriahan MTQ ke XXIV 2024 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu

Kemeriahan malam penutuppan MTQ ke XXIV 2024 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu

Bupati Rohul H Sukiman serahkan piala bergilir pada MTQ ke XXIV 2024 Tingkat Kabupaten Rohul