Lomba Pawai Karnaval Budaya Meriahkan HUT RI ke 79 di Siak

Lomba Pawai Karnaval Budaya Meriahkan HUT RI ke 79 di Siak

Metroterkini.com - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Siak menggelar Lomba Pawai Karnaval Budaya yang diikuti 87 sekolah dari jenjang Taman Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Siak.

Lomba karnaval dimulai pada pukul 08.00 WIB, dibuka resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman di Jalan Hangtuah Kampung Rempak (Depan LAMR Siak), Kamis (15/8/24).

Mengusung tema "Keberagaman Budaya Kabupaten Siak Menuju Indonesia Maju", pawai karnaval 2024 berlangsung meriah dengan aneka warna, tampil menarik dengan kekayaan wastra nusantara, dan memukau dengan atraksi budaya.

Sekda Arfan Usman mengapresiasi antusiasme dan partisipasi masyarakat, terutama siswa-siswi yang turut serta dalam mengikuti pawai. Meskipun dalam terik panas, peserta tetap semangat menampilkan berbagai atraksi yang memukau dan mengundang decak kagum.

"Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa semangat kemerdekaan tidak hanya hidup dalam diri kita, tetapi juga sudah tertanam kuat dalam jiwa generasi muda kita. Saya sangat bangga melihat semangat anak-anak kita ini dalam menyambut hari kemerdekaan" sebutnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Fakhrurrozi menjelaskan, peserta karnaval budaya adalah peserta didik yang berasal dari satuan pendidikan yang ada di kecamatan Siak dan Mempura.

Mulai dari jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs/PKPPS, dan SMA/MA/SMK. "Bahkan kita mengundang peserta dari SLBN Siak dan SLBS Fajar Amanah Tualang sebagai peserta istimewa" ucapnya.

Lebih lanjut Rozi menjelaskan, jumlah TK/RA yang mengikuti sebanyak 24 lembaga, SD/MI 30 sekolah, SMP/MTs/PKPPS 18 sekolah, dan SMA/MA/SMK sebanyak 13 sekolah.

Jumlah keseluruhan satuan pendidikan yang mengikuti Lomba Karnaval Budaya tahun 2024 sebanyak 87 sekolah/madrasah.

"Lomba ini memperebutkan juara 1, 2 dan 3 untuk masing-masing jenjang, dan akan menerima penghargaan berupa trofi, serifikat dan uang pembinaan dari Bupati Siak," tutupnya. [Inf.Ibrahim]

Berita Lainnya

Index