DPRD Riau Minta Semua Pihak Berperan Aktif Atasi Karhutla

DPRD Riau Minta Semua Pihak Berperan Aktif Atasi Karhutla

Metroterkini.com - Musim kemarau saat ini wilayah Riau khususnya sangat rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan, untuk itu Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho, mengingatkan perangkat desa dan masyarakat umumnya untuk berperan aktif dalam mencegahnya sejak dini.

Pentingnya partisipasi RT, RW, hingga masyarakat dalam mengambil langkah pencegahan awal, kemudian berkoordinasi dengan pemerintah untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Agung juga mengingatkan, kebakaran tidak selalu disebabkan oleh pembukaan lahan oleh petani. Tetapi juga oleh kondisi kemarau yang membuat api mudah tersulut.

"Pemerintah harus melindungi masyarakat dan segera bertindak cepat dengan melibatkan kepala daerah, bupati, camat, lurah, RT, dan RW. Bantuan seperti mesin air pemadam api harus disiapkan," kata Agung, Kamis (01/08/2024).

Satuan Tugas (Satgas) Karhutla juga diminta segera memanggil perusahaan-perusahaan agar intensif memadamkan api serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Sementara, anggota DPRD Riau Manahara Napitupulu menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus mengimbau pencegahan karhutla melalui rumah ibadah. Ia menekankan pentingnya peran pemuka agama dalam mengingatkan masyarakat agar lebih waspada terhadap titik api.

"Seluruh komponen pemerintahan, termasuk TNI dan kepolisian, harus diberdayakan untuk memadamkan titik api. Namun, yang terpenting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat. Pemprov melalui humas harus mensosialisasikan pemadaman titik api, termasuk melalui rumah ibadah," kata Manahara. [**]

 

Berita Lainnya

Index