Kapolres dan Kejari Dampingi Bupati Rohul Pimpin Apel Operasi Patuh 2024

Kapolres dan Kejari Dampingi Bupati Rohul Pimpin Apel Operasi Patuh 2024

Metroterkini.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, di dampingi  AKBP Budi Sutiyono SIK MH, Kajari Pasir Pengaraian Fajar  Haryowimbuko SH MH memimpin apel gelar Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning tahun 2024, di  Lapangan Apel Mapolres Rohul, Senin (15/7/2024) sekitar pukul 07.55 Wib.

Hadir dalam kegiatan itu, Pabung Kodim 0313 / KPR Mayor Inf Andri Suwardi S Sos, Wakapolres  Kompol Rahmat Hidayat SIK, Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu SH MH, Kaban Kesbangpol  Suherman Nasution, Kasatpol PP dan Damkar Rohul Gorneng S Sos, M Si, Kadis Perhubungan Rohul Minarli Ismail SP, Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Pasir Pengaraian Elvan Rachmat, PJU Polres  Rohul, Personil Polres Rohul, Personil TNI,  Personil Dinas Perhubungan dan Personil Sat Pol PP.

Adapun, amanat Pimpinan Apel Bupati Rohul H Sukiman, menyampaikan dalam  apel gelar pasukan ops patuh lancang kuning 2024. dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, maka polri akan melaksanakan kegiatan operasi kewilayahan “Operasi Patuh Lancang Kuning 2024” digelar secara serentak di seluruh indonesia dengan tema “Tertib Berlalulintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas”.

Pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning 2024 ini mulai dari  15 sampai 28 Juli 2024 yang dilaksanakan selama 14 hari di seluruh wilayah Indonesia.  Jenis operasi harkamtibmas bidang lalu lintas ini lebih mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum lantas secara elektronik (statis dan mobile). Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk :

1. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

3. Membangun budaya tertib berlalu lintas.

4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Ke empat poin di atas, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polisi lalu lintas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan yang menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya dan harus diterima serta dijalankan oleh semua pihak.

Pada operasi patuh ini akan dilaksanakan penegakan hukum lantas dengan e-tle mobile dan teguran dengan Tujuh prioritas pelanggaran, yaitu :

1. Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

2. Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih dibawah umur.

3. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari Satu Orang.

4. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm  sni dan pengemudi atau pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt.

5. Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol.

6. Pengemudi atau pengendara yang melawan arus.

7. Pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan.

Dengan sasaran penindakan pelanggaran diatas, maka diharapkan operasi patuh tahun ini dapat menurunkan jumlah korban fatalitas kecelakaan lalu lintas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap.

Sebelum mengakhiri Amanat ini, kepada seluruh jajaran, perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan operasi agar :

1. Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas.

2. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.

3. Hindari tindakan pungli dan tidak melakukan tindakan yang kontra produktif.

4. Lakukan tugas operasi patuh lancang kuning 2024 dengan tindakan yang simpatik dan humanis tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian “Operasi Patuh Lancang Kuning 2024”.

Apel gelar Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2024 di Polres Rohul berakhir sekira pukul 08.15 Wib. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan,  Kapolres Rohul dan Forkopimda dengan pembagian Helm.di Simpang Lampu Merah Jl Jendral Sudirman - Jl Lingkar Pasir Pengaraian.[Rls/Humas Polres Rohul]

Berita Lainnya

Index