476 ASN di Lingkungan Pemkab Rokan Hulu Ikut Berqurban

476 ASN di Lingkungan Pemkab Rokan Hulu Ikut Berqurban
Asisten I Setda Rokan Hulu, H. Fathanalia Putra Serahkan Hewan Qurban Kepada Pengurus Islamic Center

Metroterkini.com - Sebanyak 476 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kabupaten Rokan Hulu ikut menunaikan ibadah qurban pada hari raya Idul Adha 1445 H/2024 M dengan total hewan qurban sebanyak 68 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Setelah melaksanakan sholat I'ed berjamaah, hewan qurban tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman melalui Asisten I Setda Rokan Hulu, H. Fathanalia Putra, kepada pengurus Islamic Center Pasir Pengaraian, Senin 17 Juni 2024.

Dalam sambutannya, H. Fathanalia Putra menyampaikan harapan agar jumlah hewan qurban yang diserahkan oleh Pemkab Rokan Hulu dapat terus bertambah di tahun mendatang. Ia juga menekankan pentingnya menumbuhkan semangat berqurban di kalangan ASN.

"Kita berharap, tahun depan jumlah hewan qurban yang kita serahkan akan bertambah. Ini adalah wujud kepedulian dan kebersamaan kita dalam beribadah. Semoga semangat ini terus tumbuh di kalangan ASN," ujar Fathanalia Putra.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Rokan Hulu menjelaskan bahwa dari 68 ekor sapi qurban yang diserahkan, 40 ekor akan didistribusikan ke masjid di desa-desa yang tidak memiliki hewan qurban atau yang masih minim hewan qurban. Langkah ini diambil untuk memotivasi masyarakat agar semakin banyak yang ikut beribadah berqurban.

"Sebanyak 40 ekor sapi akan kami distribusikan ke desa-desa yang membutuhkan, terutama yang tidak memiliki hewan qurban. Dengan ini, kita harapkan masyarakat di desa tersebut termotivasi untuk ikut berqurban di masa mendatang," jelas Kabag Kesra.

Adapun 28 ekor sapi dan kambing lainnya akan disembelih di Masjid Islamic Center. Pemotongan hewan qurban ini dilakukan melalui pemeriksaan kesehatan yang ketat, untuk memastikan daging yang didistribusikan kepada masyarakat aman dikonsumsi.

Hal ini juga telah dipastikan oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Rokan Hulu sepekan sebelum hari raya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban.

"Tahun ini ada dua desa yang mendapat distribusi hewan qurban dari Pemkab Rokan Hulu, yaitu Desa Kumango Kecamatan Tambusai dan Desa Pasir Luhur Kecamatan Kunto Darussalam. Hewan qurban ini telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh Disnakbun Rokan Hulu untuk memastikan semuanya aman dikonsumsi masyarakat," tambah Kabag Kesra.

Kegiatan qurban ini tidak hanya menjadi bentuk ibadah dan amal dari ASN di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, tetapi juga merupakan wujud nyata dari kepedulian sosial terhadap masyarakat yang membutuhkan. Melalui distribusi hewan qurban, diharapkan tercipta rasa kebersamaan dan solidaritas yang kuat di antara masyarakat Rokan Hulu.

Selain itu, Pemkab Rokan Hulu juga berupaya mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk ikut menunaikan ibadah qurban. Umzakirman menegaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata dari sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan ibadah sekaligus membantu sesama.

"Dengan kegiatan qurban ini, kita tidak hanya beribadah tetapi juga berbagi kebahagiaan dengan sesama. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas," pungkasnya.[man]

Berita Lainnya

Index