Ini Alasan Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai Riau

Ini Alasan Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai Riau

Metroterkini.com - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof KH Yudian Wahyudi memastikan Presiden RI Jokowi akan memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan di Kota Dumai.

Saat menyampaikan keterangan pers di Camp Bukit Mayang Dumai Country Club PHR, Kamis, Yudian menjelaskan pemilihan puncak peringatan di lokasi PHR karena berkaitan dengan kedaulatan bangsa dengan semangat Pancasila dalam menjaga ketahanan energi nasional.

"Dipilihnya lokasi di Dumai karena kita ingin menyatakan bahwa semangat Pancasila telah membuat bangsa ini bersatu dan mampu menjaga ketahanan energi dengan mengalih kelola PHR pada 2021 lalu," kata Yudian Wahyudi.

Dijelaskan, Upacara Harlah Pancasila dilaksanakan di Lapangan Garuda sudah dipersiapkan sebaik mungkin, dan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra Nasional Tahun 2023 lalu.

Dilanjutkan, tuan rumah pelaksana Upacara Harlah Pancasila setiap tahun dibuat bergiliran sejak 2016 ke daerah daerah yang dianggap tepat dan punya sejarah atau berkaitan dengan Pancasila.

Sementara, VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina menyampaikan apresiasi dan rasa bangga Wilayah Kerja Rokan ditunjuk sebagai tuan rumah puncak peringatan Harlah Pancasila 2024 yang merupakan simbol ketahanan energi negeri.

Hal ini diharap dapat meningkatkan semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa.

“Kami merasa terhormat dan bangga dipercaya menjadi tuan rumah Hari Lahir Pancasila. Mari bersama kita sukseskan momen bersejarah ini sebagai cerminan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Fadjar.

Menurut dia, sebagai tulang punggung energi nasional, PHR bersama seluruh Pertamina Group menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan operasi yang andal dan selamat demi ketahanan energi nasional.

“Pancasila telah menjadi landasan perusahaan dalam menjalankan usaha dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara,” ucapnya.

Kesuksesan kegiatan ini sekaligus bentuk sinergi dan kolaborasi antara BUMN, Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyelenggarakan iven nasional.

Hadir juga dalam konferensi pers BPIP ini, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan Ruby Mulyawan, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Hery Murwono dan Walikota Dumai Paisal serta sejumlah petinggi BPIP. **

Berita Lainnya

Index