Wabup Indra Gunawan Buka Secara Resmi Lomba Gondang Borogong Se Rohul

Wabup Indra Gunawan Buka Secara Resmi Lomba Gondang Borogong Se Rohul

Metroterkini.com -  Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Rambah Hili, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Dinas Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sukses menyelenggarakan Lomba Gondang Borogong se Rohul. Acara yang berlangsung di Aula Kantor Desa Rambah Hilir pada Kamis (02/05/2024).


Turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan, Wakil Ketua DPRD Riau H. Syafaruddin Poti, serta perwakilan dari instansi terkait.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Indra Gunawan menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan tradisi Gondang Borogong, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Melayu Rohul. "Tradisi Gondang Borogong memiliki banyak makna dan ajaran yang berharga, dan perlu dilestarikan agar tidak lekang oleh zaman," ungkapnya.

Lomba Gondang Borogong se Kabupaten Rohul ini diikuti oleh 11 peserta dari berbagai kecamatan di Rohul. Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, H. Syafaruddin Poti, membuka acara ini dengan harapan agar kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan semata, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkenalkan kembali tradisi ini kepada generasi muda agar dapat mewariskannya ke depan.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mencari tim terbaik dalam seni Gondang Borogong, tetapi juga sebagai momen silaturahmi dan kebersamaan antara para pegiat tradisi adat di Rohul. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi dorongan bagi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk lebih mencintai dan memahami kekayaan budaya lokal mereka.

Dengan demikian, upaya pelestarian budaya dan tradisi lokal seperti Gondang Borogong tetap menjadi agenda utama dalam membangun identitas dan kebersamaan masyarakat Rohul.[Diskominfo Rohul]

Berita Lainnya

Index