Jumlah Kendaraan Lewat Tol Trans Sumatera Saat Mudik Naik 50%

Jumlah Kendaraan Lewat Tol Trans Sumatera Saat Mudik Naik 50%

Metroterkini.com - Volume lalu lintas (lalin) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) meningkat signifikan selama arus mudik Lebaran pada 6-8 April 2024. PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 317.121 kendaraan melintas di JTTS atau meningkat signifikan sekitar 50% dari volume lalu lintas normal.

EVP Sekretaris Perusahaan Adjib Al Hakim mengatakan, peningkatan ini menunjukkan terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan yang tinggi selama arus mudik Lebaran di JTTS. Angka tersebut merupakan akumulasi dari volume lalu lintas di sejumlah ruas tol di JTTS.

Adapun rinciannya antara lain jumlah kendaraan yang melintas di Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (Terpeka) sebanyak 75.349 Kendaraan atau meningkat 88,4% lalin normal. Lalu di Tol Palembang-Prabumulih (Palindra & Inprabu) sebanyak 58.397 kendaraan atau meningkat 57% dari lalin normal.

Kemudian untuk kendaraan yang melintasi di Tol Bengkulu-Taba Penanjung (Bengtaba) sebanyak 4.667 kendaraan atau meningkat 4% dari lalin normal. Lalu di Tol Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang) sebanyak 10.337 kendaraan atau meningkat 94% dari lalin normal. Sedangkan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sebanyak 60.981 kendaraan atau meningkat 26,48% dari lalin normal.

Untuk kendaraan yang melintasi Tol Indrapura-Kisaran (Inkis) tercatat sebanyak 37.584 kendaraan atau lebih tinggi 52,09 % dari lalin normal. Kemudian di Tol Binjai-Tanjung Pura (Binsa) tercatat sebanyak 42.215 kendaraan atau meningkat 43% dari lalin normal. Dan terakhir, di Tol Sigli-Banda Aceh (Seulimeum-Baitussalam) (Sibanceh) sebanyak 19.101 kendaraan atau meningkat 24% dari lalin normal.

Sementara secara terpisah untuk lalin di ruas tol fungsional tambahan selama arus Mudik Lebaran, antara lain pertama di Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar periode 5-8 April 2024 sebanyak total 7.090 kendaraan. Lalu di Tol Indrapura-Kisaran Seksi Lima Puluh-Kisaran selama periode 4-8 April 2024 sebanyak 18.554 kendaraan.

"Demikian update terkini arus lalu lintas di JTTS selama periode arus Mudik / Balik Lebaran. Hutama Karya akan terus menginformasikan perkembangan terkini secara berkala," kata Adjib dalam keterangan tertulis, Senin (8/4/2024) dilansir dari detik.

Hutama Karya menghimbau pengguna jalan tol untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima dan tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk, menepi dan beristirahat apabila mengantuk, memastikan Kartu Uang Elektronik dalam kondisi baik dan saldo tercukupi sebelum melakukan perjalanan, serta selalu setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu. **

 

Berita Lainnya

Index