Polres Rohul Kerahkan Puluhan Personil Jaga Kamtibmas

Polres Rohul Kerahkan Puluhan Personil Jaga Kamtibmas

Metroterkini.com - Kapolda Riau, Irjen. Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H, telah mengeluarkan perintah kepada seluruh Polres di jajarannya untuk melakukan pengamanan super ekstra sepanjang bulan Ramadan hingga memasuki Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Langkah ini diambil sebagai langkah antisipasi terhadap potensi peningkatan mobilitas masyarakat yang kerap berdampak pada peningkatan peristiwa kejahatan.

Salah satu langkah konkret dilakukan oleh Polres Rokan Hulu dengan mengerahkan personel Reserse dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP. Dr. Raja Kosmos Parmulais, S.H., MH, dengan melibatkan 30 personel bersenjata lengkap yang dipersiapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kegiatan utama yang dilakukan adalah cipta kondisi, dengan sasaran utama mencegah terjadinya tindak kriminal serta memberikan rasa aman bagi masyarakat. 

Kasat Reskrim menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai respon terhadap tingginya intensitas masyarakat di pusat perbelanjaan dan lokasi keramaian lainnya, serta lingkungan masyarakat yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas.

"Jelang lebaran Idul Fitri nanti tentu mobilitas masyarakat meningkat, untuk itu kami akan menyasar titik yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas," jelas AKP Raja pada Jum'at (5/4/2024) malam.

Langkah antisipatif dan responsif kegiatan cipta kondisi ini tidak hanya dilakukan sekali, melainkan akan terus dilakukan secara berkala sesuai dengan perkiraan kerawanan. Baik siang maupun malam, personel akan terus berjaga untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

Tak hanya itu, Polres Rokan Hulu juga menyiapkan Unit Respon Cepat dari Tim Resmob yang siaga 24 jam. Hal ini menunjukkan kesiapan pihak kepolisian dalam menanggapi setiap situasi darurat yang mungkin terjadi.

Dalam upaya penegakan hukum, personal Reserse di lapangan memiliki peran penting untuk melakukan penindakan cepat jika terjadi peristiwa pidana. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara efektif.

Sementara itu, masyarakat juga diminta untuk turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan sekitarnya. 

"Kami menghimbau seluruh masyarakat untuk saling menjaga dan mengingatkan. Jika ada gangguan Kamtibmas atau informasi indikasi atau telah terjadi peristiwa pidana, silahkan hubungi 110 atau langsung nomor WhatsApp Kasat Reskrim Polres Rohul 08127512386," tegasnya.

Dengan adanya perintah dari Kapolda Riau ini, diharapkan dapat menciptakan suasana yang aman dan kondusif selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Langkah-langkah proaktif yang diambil oleh pihak kepolisian, didukung oleh partisipasi aktif masyarakat, menjadi kunci dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.[man]

Berita Lainnya

Index