Rokan IV Koto Berhasil Pertahankan Gelar Juara Umum MTQ XXIV Tingkat Kabupaten 2024

Rokan IV Koto Berhasil Pertahankan Gelar Juara Umum MTQ XXIV Tingkat Kabupaten  2024
Sesi Poto Bersama Wabup Rohul H. Indra Gunawan Bersama Peserta Kafilah Rokan IV Koto

Metroterkini.com - Kecamatan Rokan IV Koto berhasil mempertahankan gelar juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIV tingkat kabupaten Rokan Hulu tahun 2024. Prestasi gemilang ini menegaskan dominasi  dalam ajang bergengsi ini secara berturut-turut.

Musabaqah Tilawatil Qu'an Ke- XXIV kali ini diikuti oleh 16 kafilah dari masing-masing perwakilan kecamatan di kabupaten Rokan Hulu. Kompetisi ketat terjadi di 16 cabang perlombaan yang mencakup beragam aspek kegiatan keagamaan, mulai dari tartil Quran hingga kategori khattil Quran kontemporer.

Puncak acara ditandai dengan penutupan resmi yang dilakukan oleh Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman. Dalam sambutannya, Sukiman mendorong kafilah-kafilah Rokan Hulu untuk mempersiapkan diri dengan baik guna menghadapi MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan digelar pada April 2024 mendatang di Kotamadya Dumai.

Sebelum menutup MTQ XXIV tingkat kabupaten Rokan Hulu, Sukiman menegaskan  kepada ketua LPTQ, Kakan Kemenag dan Kabag Kesra untuk mencapai prestasi maksimal pada MTQ tingkat Provinsi Riau.

" Target minimal kita MTQ tingkat Provinsi nanti masuk lima besar, itu target minimal ya," jelas Sukiman.

Sementara itu sebagai salah satu bentuk apresiasi atas prestasi yang ditorehkan, pemenang kategori Tahfiz Quran 30 Juz mendapatkan bonus umroh gratis dari Wakil Bupati Rohul, H. Indra Gunawan. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan potensi keagamaan di tengah masyarakat.

" Diharapkan pemberian bonus umroh ini dapat memotivasi peserta lainnya untuk meningkatkan hafalan Qur'an sampai 30 Juz," kata Indra Gunawan.

Pada kesempatan itu Wabup Indra Gunawan juga mengajak kepada seluruh lembaga pendidikan Islam yang ada di Rokan Hulu untuk terus membumikan Al-Qur'an dengan memuat program Tahfiz Qur'an diberbagai jenjang pendidikan.

" Saya berharap program Tahfiz Qur'an dimulai sejak dini, bahkan bila perlu dari tingkat PAUD/RA. Sehingga nantinya dapat mencetak generasi yang Qur'ani," tuturnya.

Acara penutupan MTQ XXIV ini dihadiri oleh Bupati Rokan Hulu, Wakil Bupati Rokan Hulu, sejumlah pejabat eselon dan unsur Forkopimda. 

Keberhasilan dan semangat yang ditunjukkan oleh peserta serta penyelenggaraan yang sukses menjadi cermin dari komitmen bersama untuk memperkuat kegiatan keagamaan dan memelihara nilai-nilai keislaman di tengah-tengah masyarakat.[Adv/Diskminfo Rohul]

Berita Lainnya

Index