Kapolres Dumai Sebar Nomor WA, Warga Bisa Lapor Hoaks Pemilu-Curanmor

Kapolres Dumai Sebar Nomor WA, Warga Bisa Lapor Hoaks Pemilu-Curanmor

Metroterkini.com - Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton bersama pejabat utama Polres Dumai melakukan kegiatan Safari Subuh di Masjid Taqdir Illahi Dumai Kota. Dalam kesempatan itu, Dhovan melakukan 'Subuh Edukasi' dalam rangka sosialisasi pemilu 2024 dengan menyebar nomor WhatsApp pribadinya.

Lewat semangat Polri Presisi Polres Dumai dan polsek jajarannya aktif mengedukasi dan mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pemilu Damai 2024. Terutana tanpa isu negatif, berita bohong (hoaks), ujaran kebencian dan isu SARA.

Dhovan menyebut Subuh Edukasi adalah pengembangan dari Jumat Curhat yang akan dilaksanakan secara rutin oleh Polres Dumai. Hal ini sebagai upaya mempererat silaturahmi, mengimplementasikan Polri hadir di tengah masyarakat menampung keluh kesah untuk mengetahui situasi dan merespon persoalan-persoalan yang ada.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman serta edukasi kepada masyarakat Kota Dumai guna mencegah terjadinya misinformasi dan disinformasi dalam Pemilu 2024," kata Dhovan, Jumat (19/1/2024).

Dhovan mengatakan edukasi harus terus dilakukan di era saat ini. Apalagi kondisi masyarakat yang terus dibanjiri informasi melalui berbagai platform dan media sosial.

"Edukasi makna Pemilu Damai 2024 sangat diperlukan agar seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar saat banjir informasi di media sosial dan platform digital lainnya. Dan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam melindungi masyarakat agar tidak salah langkah dan tidak terjebak oleh informasi sesat yang mengandung isu negatif, berita bohong atau fitnah, ujaran kebencian, isu SARA hingga kampanye negatif lain yang dapat mengorbankan persatuan dan kesatuan," kata AKBP Dhovan Oktavianton.

Melalui program Subuh Edukasi, lanjut Dhovan, diharapkan dapat membawa berbagai dampak positif. Salah satunya memakmurkan masjid, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, mempererat silaturahmi hingga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Bahkan dirinya berharap dapat membawa dampak terciptanya situasi Kamtibmas di Kota Dumai yang aman, damai dan kondusif. Selain memberikan edukasi, pihaknya juga hadir untuk bersilaturahmi, berdiskusi, saling bertukar informasi dan mendengarkan berbagai permasalahan hingga keluhan untuk mengetahui situasi dan isu-isu yang berkembang ditengah masyarakat serta menawarkan solusi yang sesuai dengan tugas dan tanggungjawab Kepolisian.

Kapolres Dumai juga berharap seluruh masyarakat dapat bersama-sama peduli terhadap sesama dan lingkungan serta menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai, tertib dan kondusif di Kota Dumai menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024.

Selain itu, berbagai program terus dilaksanakan sebagai wujud upaya Polri dalam menyampaikan imbauan damai dalam rangka cooling system guna mencegah timbul konflik atau ketegangan menjelang Pemilu 2024. Apalagi berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kapolres Dumai juga memperkenalkan program inovasi miliknya yakni menyediakan layanan aduan yang langsung terhubung melalui WhatsApp Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton. Aduan bisa disampaikan ke nomor pribadinya yakni 0821-9819-8154.

"Silahkan hubungi ataupun sampaikan pengaduannya secara langsung melalui WhatsApp pengaduan dengan nomor 0821-9819-8154. Seluruh masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait apapun, mulai dari gangguan Kamtibmas hingga yang membutuhkan bantuan ataupun penanganan segera. Termasuk curanmor dll," kata Dhovan.

Tak hanya itu, seluruh masyarakat juga dapat menginstal Aplikasi 'Polri Super App' di Play Store ataupun App Store dan menghubungi Layanan Call Center Polri Polres Dumai (0765) 110 yang selalu tersedia selama 24 jam dan dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan kemudahan layanan lainnya.

Kapolres Dumai juga memberi santunan zakat profesi berupa paket sembako kepada puluhan orang perwakilan masyarakat di wilayah hukum Polsek Dumai Kota. Hadir langsung Kabag Log Polres Dumai Kompol Masrial Tanjung, Kasat Binmas Polres Dumai AKP Hardiyanto, Kasat Samapta Polres Dumai AKP M. Sahudi dan jajaran. **

Berita Lainnya

Index